Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terus berusaha memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah (UKM) supaya produk yang dihasilkan bisa masuk dan dipasarkan ke toko ritel modern dengan harapan bisa dikenal masyarakat luas.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Ruli Rochmawati saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat, mengatakan banyak sekali produk yang dihasilkan oleh pelaku UKM di Kabupaten Sidoarjo.

"Kami terus memfasilitasi mereka supaya produk yang dibuat tersebut bisa dipasarkan ke masyarakat luas, salah satunya melalui toko ritel modern," katanya.

Ia mengemukakan dengan masuknya produk UKM di toko ritel modern tersebut memberikan kesempatan untuk menjadi semakin baik dan bisa menaikkan kelas UKM.

"Ini menjadikan nilai tambah produk UKM warga Sidoarjo semakin naik. Terlebih saat ini banyak toko ritel modern yang ada di Sidoarjo," ujarnya.

Ia mengatakan tidak hanya produk-produk berupa pakaian, produk lainnya seperti makanan dan minuman juga terus didorong supaya bisa naik kelas.

"Oleh karena itu, setiap kali ada kesempatan untuk menampilkan produk UKM kami akan terus mendorong termasuk juga pada sejumlah kegiatan pameran," ucapnya di sela pembukaan toko ritel pakaian global asal Jepang, Uniqlo di Unimas Distric di Sidoarjo.

Ia mengatakan dengan menyediakan area khusus untuk menampilkan karya UKM agar bisa diapresiasi oleh lebih banyak orang. Terdapat enam UKM yang terpilih yang terdiri dari produk-produk kerajinan rajut, produk daur ulang, kerajinan fesyen lukis, kerajinan mainan kayu anak, kerajinan jahit eco-friendly, dan kerajinan quilting.

Pemilihan UKM dan produk yang ditampilkan telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh Uniqlo bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan kesempatan lebih banyak bagi UKM lainnya untuk dapat turut berpartisipasi dalam program yang sama.

"Hal ini diharapkan mampu membantu memajukan perekonomian daerah dan juga mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM lokal di kancah global," katanya.

Co Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia Yugo Shima mengaku senang karena Uniqlo bisa hadir di Sidoarjo. "Ini merupakan toko ke dua di Sidoarjo dan toko ke 73 di Indonesia," tutur dia.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024