Kepolisian Resor (Polres) Malang menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada masa libur Lebaran 2024 dalam peringatan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kasi Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat mengatakan bahwa hingga saat ini, arus kunjungan masyarakat ke sejumlah titik wisata di daerah setempat berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, terutama dalam situasi yang membutuhkan pengawasan ketat seperti saat libur Lebaran," kata Dicka.

Dicka menjelaskan, pada masa libur Lebaran 2024 kali ini, berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan anggota Polres Malang beserta kepolisian sektor (polsek) jajaran di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Malang tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban.

Menurutnya, dalam upaya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang berwisata, personel kepolisian meningkatkan patroli dan menempatkan personel pada lokasi-lokasi strategis di berbagai titik wisata di wilayah tersebut.

"Selain itu, Polres Malang juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak pengelola tempat wisata, guna meningkatkan efektivitas pengamanan," tambahnya.

Ia menambahkan, sejumlah destinasi wisata yang menjadi fokus perhatian Polres Malang adalah kawasan pantai di wilayah Malang Selatan seperti Pantai Balekambang, Kondang Merak, dan Teluk Asmara.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan di obyek wisata lain seperti Kebun Teh Singosari, Hawai Waterpark, Sengkaling Dau, Wendit Pakis, dan Lembah Indah Ngajum. Anggota kepolisian juga aktif berkomunikasi dengan pengunjung wisata untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan.

"Personel kita juga selalu mengimbau kepada pengunjung untuk berhati-hati ketika menikmati liburan di tempat wisata setempat," katanya.

Pada masa libur Lebaran 2024, meskipun ada peningkatan aktivitas kunjungan wisatawan di wilayah Kabupaten Malang, namun tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas pada jalur-jalur menuju destinasi wisata tersebut.

Pengaturan jalur menuju lokasi wisata juga dikoordinasikan oleh tim gabungan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024, yang bersiaga pada sejumlah pos pelayanan yang berdekatan dengan objek wisata tersebut.

"Dengan upaya yang dilakukan oleh Polres Malang, diharapkan libur panjang ini dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung wisata di Kabupaten Malang," katanya.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyatakan, diperkirakan ada kurang lebih sebanyak 34 juta masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan menuju wilayah Jawa Timur. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta masyarakat yang melakukan mudik antar kabupaten kota.

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024