Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang mengecek kesiapan personel yang bertugas pada masa libur Lebaran 2024 dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto di Singosari, Kabupaten Malang, Senin, mengatakan bahwa pemkab juga menyiapkan sarana prasarana termasuk tenaga kesehatan untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik.

"Sarana dan prasarana kesehatan kita buka 24 jam. Untuk masing masing pos pengamanan dan pos pelayanan, kita tempatkan tenaga kesehatan," kata Didik.

Ia menjelaskan peninjauan kesiapan personel pada pos pengamanan dan pos pelayanan yang bertugas dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 tersebut, dilakukan untuk memastikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran.

Rombongan Forkopimda Kabupaten Malang melakukan pengecekan personel pada Senin sore (8/4) pada sejumlah titik diantaranya adalah Pos Pengamana Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Pos Pengamanan Lawang dan Pos Pelayanan Karanglo Kecamatan Singosar.

Dalam kesempatan itu, Didik memberikan perhatian terkait persoalan kepadatan kendaraan yang terjadi setiap momen hari libur perayaan Lebaran. Ketersediaan jalur alternatif menjadi solusi terhadap persoalan kepadatan arus lalu lintas pada jalur-jalur utama.

Jalur-jalur alternatif tersebut, lanjutnya, dinilai mampu mengurai kepadatan arus lalu lintas baik di wilayah Kabupaten Malang maupun kawasan penghubung antara wilayah tersebut dengan kawasan administratif sekitar seperti Kota Batu dan Kota Malang.

"Pemerintah Kabupaten Malang pun berkomitmen untuk mengurai persoalan transportasi yang terjadi," katanya.

Ia menambahkan, salah satu strategi yang dilakukan selain pengalihan arus dan menghadirkan petugas lebih dini pada titik-titik rawan kepadatan arus lalu lintas. pengelolaan informasi dilakukan dengan baik agar tidak muncul keresahan bagi masyarakat.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024