Penjabat Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Nurkholis memastikan stok sejumlah bahan pokok aman memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2024.

"Berdasarkan hasil pantauan, saya memastikan ketersediaan bahan pokok seperti daging ayam, beras dan telur, cukup untuk kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya dalam keterangannya yang diterima di Kota Probolinggo, Jatim, Sabtu.

Menurutnya, Pemkot Probolinggo melakukan inspeksi mendadak dalam rangka melihat stok pangan yang ada menjelang Lebaran 2024 dan diketahui bahwa beberapa komoditas seperti ayam, telur, dan juga beras untuk kebutuhan masyarakat masih aman.

"Kendati demikian, saya mengingatkan agar pengawasan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasar tetap dilakukan," tuturnya.

Nurkholis mengatakan pemerintah daerah harus melakukan intervensi harga di lokasi tertentu seperti pasar untuk komoditas pangan yang harganya mengalami kenaikan, sehingga dapat menekan laju inflasi.

"Stabilitas harga pangan pokok di tingkat produsen harganya cukup stabil seperti beras premium Rp14.000/kg, daging ayam ras Rp32.000/kg, dan telur ayam ras Rp25.000/kg. Harga tersebut sesuai dengan harga acuan pemerintah," katanya.

Pj Wali Kota Probolinggo melakukan inspeksi mendadak di beberapa lokasi yakni pedagang ayam potong UD Probo Sakti, Kelurahan Sumbertaman, distributor beras UD Akas di Jalan Mastrip, distributor telur ayam di Kelurahan Kebonsari Kulon serta distributor beras di Ruko Panglima Sudirman.

Selain itu, juga dilakukan inspeksi di Toko Rudi Cahyadi (distributor beras), distributor telor ayam ras di Toko Munir dan Kafi di Jalan Sunan Bonang Jrebeng Lor, terakhir memantau stok daging ayam ras Sujono di Jalan Muhammad Rizal Sumber Taman.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024