Lembaga survei "Accurate Research and Consulting Indonesia" (ARCI) menyebut Emil Elestianto Dardak dan Achmad Fauzi Wongsojudo sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pilihan warga di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024. 

Direktur ARCI Baihaki Sirajt memaparkan hasil survei yang digelar pada 15 - 23 Maret 2024. 

"Survei dengan jumlah 1.200 responden menempatkan Emil Elestianto Dardak memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Bakal Cawagub Jatim dengan angka 35,4 persen. Sedangkan posisi kedua adalah Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dengan elektabilitas 19,2 persen," katanya saat konferensi pers di Surabaya, Rabu.

Posisi ketiga ditempati oleh kader Partai Kebangkitan Bangsa Ana Muawana dengan elektabilitas 13,7 persen. 

Baca juga: Survei ARCI: Elektabilitas Khofifah unggul jauh di Pilkada Jatim 2024

Selain itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas di posisi keempat dengan elektabilitas 12,3 persen, disusul Caleg terpilih Partai Golkar Heru Tjahjono 7,4 persen, Sri Rahayu 5,7 persen dan Bayu Airlangga 4,2 persen. 

Dalam survei yang menggunakan metode stratified multistage random sampling tersebut, sebanyak 2,1 persen responden tidak menjawab. 

Survei ARCI memiliki margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, serta 25 persen kuisioner dilakukan quality control.

Baihaqi menilai Emil Dardak dan Achmad Fauzi punya peluang besar menang jika digandeng sebagai Cawagub Jatim karena kinerjanya terbukti cemerlang. 

Selain itu Fauzi memiliki basis massa dan tingkat keterpilihan yang tinggi di Madura dan wilayah tapal kuda.

"Kalau Emil Dardak cukup kuat karena selama menjadi Wagub Jatim berpasangan dengan Bu Khofifah cukup bagus. Sedangkan Achmad Fauzi berhasil memimpin Sumenep dan bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut," ucap Baihaqi.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024