Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo, Jawa Timur, secara bergantian memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) buka puasa bersama dengan keluarganya pada momentum bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan kegiatan buka puasa bersama keluarga ini merupakan bagian memberikan pelayanan terbaiknya kepada ratusan warga binaan pada bulan Ramadhan.

"Kami hanya ingin warga binaan bisa menikmati buka bersama keluarga, selayaknya mereka bebas dan sekaligus ingin mendekatkan mereka dengan keluarganya," ujarnya di Situbondo, Senin.

Menurut Rudi, kerinduan warga binaan kepada keluarganya ini tak terbendung, terlebih momentum buka puasa bersama dengan keluarga menjadi impian mereka. Alasan itulah, kegiatan program "Rindu Rumah, Warga Binaan Buka Bareng Keluarga" dilaksanakan di Aula Baharuddin Loppa Rutan Situbondo.

"Saat menikmati berbuka puasa, mayoritas warga binaan dan keluarganya meneteskan air mata haru," tuturnya.

Rudi Kristiawan menjelaskan bahwa pihaknya siap memfasilitasi warga binaan dan keluarganya untuk berbuka puasa bersama di Aula Baharuddin Loppa Rutan Situbondo, apalagi ada di rumah tahanan juga tersedia Resto Rusibon yang menyediakan aneka menu masakan.

"Kami menyediakan menu spesial berbuka puasa bagi warga binaan, rasanya enak dan harganya sangat terjangkau," katanya.

Seorang pengunjung (keluarga warga binaan), Sadin, mengaku bahagia karena bisa berbuka puasa bersama anaknya di rumah tahanan.

Ia mengaku telah mendaftar sehari sebelumnya untuk berkunjung dan berbuka puasa bersama di rumah tahanan.

"Kami sampaikan terima kasih ke Rutan Situbondo yang telah memberikan tempat dan kesempatan bagi kami untuk berbuka puasa bersama anak kami," tutur Sadin.

Bagi keluarga warga binaan yang ingin melakukan buka puasa bersama bisa mendaftar dan nantinya mereka mendapatkan jadwal dengan anggota keluarganya yang sedang menjalani masa hukuman.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024