Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur membagikan ratusan ekor kambing untuk 38 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Jawa Timur sebagai bagian dari pengembangan program Pramuka Produktif.

"Komitmen kami diwujudkan dalam gerak nyata, bukan sekadar wacana yang digaungkan di forum-forum," ujar Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil di sela pembagian ratusan ekor kambing di Padepokan Arum Sabil di Kabupaten Jember, Rabu.

Pramuka Produktif, kata dia, akan disinergikan dengan para petani dan peternak yang merupakan tulang punggung ketahanan pangan.
 
Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat menyampaikan sambutan di hadapan pengurus Kwarcab Pramuka se-Jatim di Padepokan Arum Sabil di Kabupaten Jember, Rabu (21/3/2024). ANTARA/HO-Kwarda Pramuka Jatim


Setiap Kwarcab mendapat 2-3 ekor kambing jenis domba dan kambing premium. Harapannya, kambing-kambing tersebut sebagai langkah awal untuk beternak yang hasilnya digunakan untuk kepentingan Pramuka setempat.

Domba-domba yang dibagikan merupakan pasangan jantan dan betina, termasuk bibit kambing, kemudian dikembangbiakkan oleh Pramuka di kabupaten/kota masing-masing.

Menurut dia, pembagian domba ini hanya bagian dari salah satu wujud Pramuka Produktif di bidang ketahanan pangan dan peternakan.

"Kebersamaan ini harus dirawat dan dijaga, serta dikuatkan bersama," ucap Kak Arum, sapaan akrabnya.

Harapan Pramuka Produktif, lanjut dia, melahirkan jiwa kemandirian anggota Gerakan Pramuka sehingga menjadi kekuatan yang didedikasikan untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, tak hanya membagikan kambing, Arum Sabil mengumpulkan pengurus Kwarcab se-Jatim untuk bersilaturahim sekaligus buka puasa bersama.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Peternakan Jatim Indyah Aryani yang memberikan edukasi hingga kondisi ketahanan pangan di Jawa Timur.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024