Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahantinto, mengunjungi keluarga Alm Peltu (Purn) Kislan Abdul Rozak di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander, Kamis (14/3), sebagai bentuk penghormatan kepada pelaku sejarah cikal bakal pasukan perintis Polri di wilayah setempat.

"Anjangsana ini untuk mempererat tali silaturahmi, juga sebagai wujud kepedulian, perhatian dan penghargaan institusi Polri kepada para purnawirawan Polri. Beliau adalah salah satu anggota pasukan Perintis Polri tahun 1952," ucap AKBP Mario di Bojonegoro, Kamis.

Kunjungan, kata perwira berpangkat melati dua dipundak itu, juga dalam rangka memperingati Dirgahayu Korps Sabhara Baharkam Polri ke – 72.

Ia berharap, kunjungan itu menginspirasi personel Polres Bojonegoro agar tetap semangat dalam kinerja. Serta spirit juang dan meneladani apa yang ditunjukkan Alm Peltu Kaslan dalam mewujudkan kinerja Polri yang lebih baik di masa datang.

"Sebagaimana pernyataan pendiri Bangsa Ir. Soekarno, jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah)," katanya.

Dalam kunjungan itu, Kapolres Mario didampingi Kasat Sabhara, AKP Harjo beserta personel Sat Sabhara Polres Bojonegoro, kemudian disambut langsung oleh ibu Ngarsini, (84), istri dari almarhum Pembantu Letnan Satu (Peltu) Purnawirawan (Purn) Kislan Abdul Rozak beserta anak dan menantu almarhum.

Saat dikunjungi Kapolres, ibu Ngarsini menceritakan perjalanan dinas suaminya, Peltu (Purn) Kislan Abdul Rozak dan keluarganya.

Menurutnya, pak Kislan panggilan akrabnya, pada tahun 1951 mendaftar menjadi Polri, kemudian mengikuti pendidikan Pusat Pelatihan Ulangan Kepolisian(PPUK) di Porong - Sidoarjo, Jawa Timur. Serta sempat berdinas di kantor Seksi Umum Tanjung Perak Surabaya.

"Bapak dulu pasukan Perintis Polri tahun 1952 dan pensiun tahun 1980," kenang ibu Ngarsini didepan Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahantinto dan anggota Polres Bojonegoro.(*)




Pewarta: M Yazid

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024