Kepolisian Resor (Polres) Malang menggelar pasar murah dengan menyediakan lebih dari 1.000 paket bahan pokok penting yang dijual dengan harga terjangkau untuk masyarakat di wilayah tersebut.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana di Kepanjen, Jumat mengatakan bahwa kegiatan pasar murah tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat untuk membantu meringankan beban ekonomi yang semakin berat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ada lebih dari 1.000 paket sembako dengan harga khusus, setengah harga pasaran," kata Kholis.

Ia menjelaskan selain menjual paket bahan pokok penting dengan harga di bawah pasar tersebut, juga dibagikan kurang lebih sebanyak 200 paket bahan pokok secara gratis untuk masyarakat prasejahtera di wilayah tersebut.

Pada pasar murah tersebut, paket yang dijual berisi beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula satu kilogram, bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit, dengan harga Rp100 ribu per paket.

Selain itu, juga tersedia paket bahan pokok lainnya berupa beras lima kilogram seharga Rp50 ribu, bawang putih dan bawang merah seharga Rp10 ribu, telur ayam Rp20 ribu per kilogram, minyak goreng Rp10 ribu per liter, dan cabai rawit Rp10 ribu per paket.

Menurut Kholis, dalam pelaksanaan pasar murah tersebut, Polres Malang bekerja sama dengan camat, lurah, hingga kepala desa untuk memastikan bantuan berupa bahan pokok penting dengan harga murah tersebut tepat sasaran.

Selain pelaksanaan pasar murah, pihaknya juga menyediakan pelayanan SIM keliling, pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan BPJS, hingga pembayaran pajak kendaraan secara mobile.

"Warga sangat antusias, bisa dilihat sampai saat ini banyak masyarakat yang mendapatkan pelayanan," tambahnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga rata-rata beras kualitas premium di Kabupaten Malang, saat ini berada pada kisaran harga Rp14.800 hingga Rp16.000 per kilogram.

Sementara untuk harga gula pasir tercatat sebesar Rp17.000 per kilogram, bawang putih Rp34.000-Rp35.000 per kilogram, bawang merah Rp26.000-Rp32.000 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp14.500 per liter dan cabai rawit Rp50.000 hingga Rp60.000 per kilogram.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024