Sejumlah panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Sumenep, Madura, mulai melakukan rekapitulasi manual penghitungan perolehan suara hasil Pemilu 2024 di tingkat kecamatan.

"Secara teknis, waktu pelaksanaan rekap tingkat kecamatan diatur sendiri oleh PPK, dengan catatan paling lambat 27 Februari 2024 harus tuntas," kata komisioner KPU Sumenep, Dekki Prasetya Utama di Sumenep, Rabu.

Sejumlah PPK di Sumenep yang mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu tingkat kecamatan itu, di antaranya PPK Sapeken (kepulauan), PPK Kota, dan PPK Batu Putih.

Setelah itu dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kabupaten oleh KPU Sumenep pada 28 Februari hingga 5 Maret 2024.

Sementara itu, Ketua PPK Kota Moh Basir menjelaskan, rekapitulasi penghitungan perolehan suara tersebut dimulai dari hasil pemilihan presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, yakni 18 kecamatan di wilayah daratan dan 9 kecamatan kepulauan.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Sumenep sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan, yang tersebar di 3.863 TPS pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten dan kota.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 telah dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sementara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024