Kepolisian Resor (Polres) Malang menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang mengalami kesulitan pasokan air bersih.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara, di Kepanjen, Selasa, mengatakan pendistribusian air bersih yang menggunakan mobil tangki tersebut diperuntukkan bagi 200 keluarga yang terdampak.

"Pendistribusian air bersih dilakukan sebagai upaya meringankan beban warga terdampak kesulitan air bersih akibat perbaikan sarana air bersih swadaya milik warga," kata Dicka.

Dicka menjelaskan krisis air yang dialami warga di Dusun Pepen akibat dari adanya proses perbaikan saluran Hippam swadaya warga yang mengakibatkan menurunnya debit air. Turunnya debit air tersebut, kata dia, menyulitkan aktivitas warga, seperti mencuci dan memasak.

Polres Malang mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak menggunakan truk tangki berkapasitas 4.000 liter. Pendistribusian air bersih itu, kata dia, akan dilanjutkan selama beberapa hari ke depan.

"Ini juga merupakan peran aktif kami pihak kepolisian dalam menangani masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat," katanya.

Diharapkan, dengan bantuan air bersih yang disalurkan oleh Polres Malang terhadap warga terdampak tersebut, bisa mengatasi kekurangan kebutuhan air bersih secara bertahap, hingga proses perbaikan selesai.

Sebagai informasi, saluran Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) Budhi Daya Tirta Guna di Dusun Pepen tersebut rusak pada 18 Februari 2024. Perbaikan Hippam tersebut dilakukan sejak 19 Februari 2024, hingga beberapa hari ke depan.

Akibat perbaikan itu pasokan air bagi masyarakat setempat mengalami kekurangan dan berdampak terhadap aktivitas sehari-hari.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024