Sebagian warga Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) memeriahkan hari pencoblosan (pemungutan suara) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan menghadirkan tema hari kasih sayang di tempat pemungutan suara (TPS) 20 di Kelurahan Gadingkasri, Rabu.

Pada TPS yang berada di Jalan Pandan tersebut, pada bagian depan terlihat dekorasi bunga berbentuk hati dan di tengahnya terdapat tulisan TPS 20 sebagai penanda lokasi tempat pemungutan suara Pemilu 2024.

Dekorasi langit-langit dan tembok pada lapangan basket sekolah Santa Maria 2 Kota Malang yang dijadikan lokasi TPS tersebut, dibalut dengan warna bernuansa merah jambu dan putih. Suasana di TPS tersebut tidak berbeda layaknya lokasi resepsi pernikahan.

Baca juga: Pemilu 2024, Wali Kota Madiun ajak warga hargai perbedaan pilihan

Selain itu, di TPS tersebut juga dilengkapi dengan dekorasi berbagai macam bunga yang menarik dan berpadu. Warga sekitar yang telah selesai menggunakan hak pilih, bisa menikmati sajian makanan khas Kota Malang, seperti sayur asam, bakwan jagung dan lainnya.

Salah satu warga yang juga kreator dekorasi TPS 20 Gadingkasri, Kecamatan Klojen Bambang Ratnadinata mengatakan bahwa setiap pelaksanaan pesta demokrasi terbesar di Indonesia, ia selalu membantu dekorasi TPS yang tepat berada di depan kediamannya tersebut.

Menurutnya, pada pelaksanaan Pemilu 2024, bertepatan dengan hari kasih sayang, sehingga dekorasi yang ditampilkan pada Pemilu kali ini lebih menonjolkan warna merah jambu dan sejumlah ornamen bunga.

"Karena bertepatan dengan Valentine atau hari kasih sayang, dekorasi menyerupai tema tersebut," kata Bambang yang juga pemilik ide untuk menghadirkan TPS bertema hari kasih sayang itu.

Baca juga: TPS di Lingkungan Pondok Sosial usung tema "Pemilu Cinta Damai"

Bambang yang juga pengusaha bunga hias, Bambang Florist tersebut mengatakan bahwa setiap ada pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia, ia selalu membantu dekorasi TPS tersebut untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang memilih.

Untuk dekorasi dengan tema hari kasih sayang tersebut, lanjutnya, menghabiskan biaya kurang lebih mencapai Rp15 juta. Biaya dekorasi yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp2 juta.

"Dari KPU dikasih Rp2 juta. Untuk totalnya Rp15 jutaan, sisanya ditutup sendiri," katanya.

Baca juga: Bertemakan horor, KPPS Simokerto dirikan TPS di tengah makam

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Rachmat Hidayat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024