Sebanyak 600 personel gabungan dari Polres Ngawi dan Kodim 0805 Ngawi menjalani tes kesehatan dalam rangka pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) untuk kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono mengatakan pelaksanaan kegiatan apel dan pengecekan kesehatan tersebut merupakan bagian dari SOP sebelum pergeseran anggota ke TPS dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

"Terhitung mulai hari ini, ratusan anggota TNI dan Polres Ngawi tersebut akan melakukan penjagaan selama tiga hari di TPS," ujar Argo di sela kegiatan tes kesehatan di halaman Mapolres Ngawi, Selasa.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan personel prima dan siap bertugas di TPS.

"Kegiatan ini sebagai bagian dari optimalisasi kesiapan personel dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 di TPS yang ada di seluruh wilayah Ngawi," kata Argo.

Ia juga menuturkan bahwa pemeriksaan tersebut meliputi serangkaian tes kesehatan di antaranya pemeriksaan fisik, tekan darah, EKG (rekam jantung), dan laboratorium yang mencakup pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol.

Tim pemeriksa kesehatan anggota dilakukan oleh tim dari RS Bhayangkara TK III Nganjuk dipimpin langsung dr Fauzi bersama Aiptu Joko Ps selaku Kasi Dokkes Klinik Pratama Polres Ngawi.

Setiap anggota juga diberikan vitamin dan obat ringan, agar saat bertugas selalu dalam kondisi sehat.

Argo menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara di Kabupaten Ngawi.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Kapolres Ngawi juga mengingatkan agar personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu tetap menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas.

Semua petugas diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjunjung tinggi etika dalam bertugas. Pihaknya juga meminta para personel tetap menjaga kesehatan, utamanya selama bertugas.

Terdapat sebanyak 2.754 TPS yang tersebar di 217 desa dan kelurahan di Kabupaten Ngawi. Pengamanan dilakukan sesuai dengan SOP yang diharapkan pemungutan suara berjalan aman dan lancar.

Sesuai data, Pemilu 2024 di Kabupaten ngawi akan diikuti oleh sebanyak 701.425 pemilih yang telah masuk daftar pemilih tetap (DPT). Dengan rincian, jumlah pemilih laki-laki 342.300 orang dan perempuan 359.125 orang.

Saat ini pada 11-13 Februari 2024 sudah memasuki masa tenang pelaksanaan Pemilu 2024, setelah masa kampanye yang berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024