Kepolisian Resor Lumajang, Jawa Timur, mengerahkan sebanyak 571 personel dalam pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami telah melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS dan ada sebanyak 571 personel yang kami siapkan," kata Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik usai apel pergeseran pasukan di Alun-alun Lumajang, Senin.

Menurutnya apel pergeseran pasukan pengamanan TPS itu merupakan langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang.

"Kami berharap dukungan dan sinergi antara semua pihak terkait dalam menyukseskan Pemilu 2024, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, damai dan sejuk," harapnya.

Ia mengatakan anggota Polres Lumajang dan jajarannya akan tetap bersikap netral dalam mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Dengan profesionalitas dan integritas tinggi, Polres Lumajang siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan aman, lancar dan damai," ujarnya.

Baca juga: Tiga pilar di Lumajang apel gelar pasukan dan patroli jelang pemilu

Mohammad Zainur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama masa Pemilu 2024.

"Siapa pun pilihannya, apa pun partai-nya, mari bersama-sama wujudkan Pemilu damai di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Sementara Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni yang memimpin Apel Pergeseran Pasukan mengatakan bahwa hal itu menjadi momentum penting untuk menegaskan netralitas dan profesionalisme seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan.

"Saya mengajak seluruh personel untuk menjaga kerukunan, persatuan, serta berkolaborasi dengan semua komponen masyarakat. Lakukan orientasi wilayah dengan baik, kenali semua unsur terkait di sekitar TPS, dan jalin kerja sama dengan mereka," imbuhnya.

Ia juga meminta seluruh personel pengamanan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat guna meningkatkan partisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024