Tiga pilar yakni TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan apel gelar pasukan dan patroli besar menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum 2024.

Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono, dan Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra memimpin apel gelar pasukan dan patroli skala besar di halaman Polres setempat, Selasa.

"Dalam kegiatan tersebut menekankan pentingnya kerja sama antara TNI dan Polri untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama proses pemilu," kata Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik usai apel gelar pasukan.

Dalam amanatnya, Kapolres Lumajang membacakan pesan tertulis Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto yang menekankan bahwa TNI-Polri harus terus meningkatkan sinergisitas dan soliditas untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Jawa Timur.

"Hal itu khususnya dalam rangka menciptakan pemilu damai dan sejuk, mendukung demokrasi bermartabat," tuturnya.

Ia mengimbau agar mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan yang berlaku, serta menyelesaikan setiap permasalahan sesuai dengan koridor hukum dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Zainur juga menekankan netralitas TNI-Polri dalam pelaksanaan pemilu dan pemilu kepala daerah serentak tahun 2024, sehingga situasi daerah aman dan kondusif.

"Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya karena tugas adalah kehormatan. Tunaikanlah apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing dengan tulus dan ikhlas karena pada hakikatnya, hal tersebut adalah ibadah," katanya.

Setelah apel, Sekda, Kapolres, dan Dandim 0821 Lumajang bersama personel TNI-Polri dan ASN di Lingkungan Pemkab Lumajang melanjutkan patroli skala besar dengan berkeliling menggunakan motor ke beberapa desa di kabupaten setempat.

Patroli dimulai dari Markas Kodim 0821 Lumajang menuju Balai Desa Purwosono, Balai Desa Petahunan, Balai Desa Boreng, dan tujuan terakhir ke Balai Desa Denok.

"Seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama proses Pemilu 2024 di Lumajang," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024