Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Situbondo menggelar aksi damai dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan sekaligus Hari Ulang Tahun PWI tahun 2024.

Aksi damai belasan wartawan yang berlangsung di simpang empat Alun-alun Situbondo, Jumat, sekaligus dijadikan momentum menjelang Pemilu 2024 menyampaikan seruan kepada masyarakat agar memberikan hak suaranya ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

"Karena Hari Pers Nasional dan HUT PWI 2024 bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan anggota legislatif, dalam aksi damai ini sekaligus kami mengajak pengguna jalan menyukseskan pesta demokrasi," ujar Ketua PWI Kabupaten Situbondo Edy Supriyono.

Pers, kata dia, merupakan salah satu pilar demokrasi, oleh karena itu dia mengajak seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih menggunakan hak suaranya.

"Masyarakat jangan takut diintervensi siapapun, pilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota legislatif (DPR RI, DPD, DRPD provinsi, DPRD kabupaten/kota) sesuai hati nurani," ucap Edy.

Edy menambahkan, seruan mengajak masyarakat turut menyukseskan pesta demokrasi ini karena suara rakyat menjadi penentu nasib bangsa.

"Sekali lagi kami mengajak kepada masyarakat jangan golput, datang ke TPS gunakan hak suaranya," ucap dia.

Dari pantauan, belasan wartawan dari PWI Situbondo ini juga membentangkan sejumlah poster bertuliskan HPN dan HUT PWI 2024, seruan pemilu damai, sukseskan pemilu.

Para jurnalis itu juga membagikan bunga kepada pengguna jalan sebagai simbol perdamaian.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024