Petugas gabungan dari TNI-Polri menggelar konvoi dan patroli serentak di sejumlah objek vital di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dalam rangka memastikan keamanan wilayah menjelang Pemilu 14 Februari 2024.

Patroli gabungan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono bersama Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto.

Mengendarai sepeda motor trail patroli, Kapolres sempat membawa petugas gabungan keliling kota hingga perbatasan kecamatan sekitarnya.

Unjuk kekuatan itu disebut sebagai bagian dari gladi resik kesiapsiagaan petugas gabungan dalam menjaga kondusifitas keamanan selama rangkaian gelaran Pemilu.

"Polres Trenggalek bersama Kodim 0806 melaksanakan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan patroli skala besar. Kita pastikan situasi Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek menjelang Pemilu 2024 aman dan kondusif," kata Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono dikonfirmasi usai kegiatan.

Patroli sekala besar itu tak hanya mencakup pemeriksaan di objek-objek vital di wilayah perkotaan.

Patroli itu juga dilakukan serentak baik oleh Polres maupun tingkat Kodim di tingkat kecamatan.

Selain untuk memastikan kondusifitas wilayah jelang pelaksanaan Pemilu, patroli itu dilakukan sebagai wujud sinergitas TNI-POLRI dalam menunjukkan pengamanan pelaksanaan pemilu.

"Sasaran patroli skala besar ini meliputi objek vital, pusat keramaian maupun titik-titik rawan terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024. Sedangkan untuk kecamatan menyesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gathut mengapresiasi seluruh pihak yang sama-sama telah menciptakan dan mendukung situasi Kamtibmas kondusif.

Ia meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan serta menciptakan pemilu yang aman, damai dan santun.

Menurutnya, perbedaan pilihan dalam suatu kontestasi merupakan hal yang wajar dan harus disikapi dengan bijak.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024