Perusahaan bidang teknologi Beon Intermedia bersama Malang Creative Center (MCC) memberikan pendampingan dan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha tersebut.

Head of Corporate Communication Beon Intermedia Andina Paramitha di Kota Malang, Rabu, mengatakan bahwa kolaborasi bersama MCC bertajuk DigitaLoka tersebut, juga akan memberikan dukungan infrastruktur digital bagi pelaku UMKM yang ada.

"Dalam kolaborasi ini, kami akan memberikan serangkaian pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas UMKM dengan industri ekonomi kreatif, termasuk dukungan berupa infrastruktur digitalnya," kata Andina.

Andina menjelaskan para pelaku UMKM dari wilayah Kota Malang dan sekitarnya yang sering berkolaborasi dengan MCC, juga akan mendapatkan konsultasi yang berkaitan dengan merek dagang.

Akses konsultasi legalitas dan bisnis tersebut, diharapkan bisa menjangkau berbagai pelaku UMKM yang selama ini menghadapi berbagai tantangan. Legalitas bagi pelaku UMKM merupakan hal yang penting untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM.

"Akses konsultasi legalitas dan bisnis yang terjangkau bagi komunitas UMKM dan industri ekonomi kreatif," katanya.

Ia menambahkan, MCC dan Beon Intermedia akan mengadakan berbagai macam program dan event melalui DigitaLoka, yang terdiri dari Loka Campus, Loka Heroes, Loka Hub, Loka Fest, Loka Inspirasi dan Loka Spot. Diharapkan, program itu bisa memberikan pertumbuhan berkelanjutan.

"Melalui kolaborasi, penguatan kapasitas pengusaha, serta pemberdayaan melalui akses yang lebih luas terhadap pasar dan pelanggan," katanya.

Sehingga, lanjut dia, diharapkan kontribusi ekonomi dari sektor UMKM dan industri kreatif di Malang semakin meningkat, menciptakan lapangan kerja baru, dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ekonomi lokal serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap agar UMKM dan industri kreatif dapat mengalami pertumbuhan berkelanjutan, melalui kolaborasi, penguatan kapasitas pengusaha, serta pemberdayaan melalui akses lebih luas terhadap pasar dan pelanggan," katanya.

Sementara itu, Manager Marketing dan Kerja Sama MCC Frishanti Yuan memberikan apresiasi terhadap kerja sama tersebut dan diharapkan mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap ekosistem di wilayah Malang Raya.

"Peran kolaborator sangat membantu untuk mewujudkan peran kami sebagai fasilitator dan inkubator,” kata dia.

Selain itu, diharapkan juga pelaku UMKM di MCC bisa tumbuh dengan baik dan menjadi inspirasi pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk saling berkolaborasi, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024