Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur M Nabil menyebut pemberian penghargaan KONI Jatim Award 2023 kepada insan olah raga Jatim berprestasi merupakan kegiatan terukur.

"Proses pemilihan insan olah raga yang terbaik prestasinya ini tidak terlalu sulit karena terukur semua. Karena itu, relatif tidak ada protes," ucap M Nabil, saat penghargaan KONI Jatim Award 2023, di salah satu hotel di Surabaya, Kamis.

Sebab, lanjutnya, proses pemilihan yang dilakukan oleh KONI Jatim dalam hal ini dilakukan oleh Bidang Media dan Humas bersama Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan KONI Jatim.

Nabil mencontohkan atlet putra terbaik diraih Atlet cabang olah raga (Cabor) Panjat Tebing Rahmat Adi Mulyono yang memiliki prestasi mengagumkan karena berhasil meraih tiket Olimpiade 2024 di Paris.

Kemudian, atlet putri terbaik yang diraih atlet cabor selam Janis Rosalita Suprianto, dengan prestasi terbaiknya merebut tiga medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

"Ada juga atlet muda potensial Muhammad Akbar Putra Taufiq dari renang, juara Porprov 2023 kemudian lolos Babak Kualifikasi PON XXI 2024 nomor open water swimming, 5.000 meter. Akbar juara meraih medali emas. Dia atlet muda potensial. Semoga bisa mengikuti jejak kakaknya, Dinda yang punya prestasi internasional," ujarnya.

Selain atlet putra dan putri terbaik, penghargaan juga diberikan kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) cabor terbaik, yang mampu mengharumkan nama Jatim di forum nasional.

"Seperti Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Jatim yang sukses meraih juara umum di babak kualifikasi PON, tidak hanya itu sebagai cabor baru mereka sepanjang 2023 ini menggelar Liga Muaythai secara mandiri," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, ada tiga Pengprov yang menerima penghargaan KONI Jatim Award 2023, yakni Pengprov MI Jatim, Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Jatim dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jatim.

“Kita lihat angkat besi, mereka tidak hanya juara umum BK PON 2024, tapi juga juara umum Kejurnas angkat besi junior 2023. Dari sisi pembinaan atlet muda sudah terlihat hasilnya. Kemudian ada Luluk Diana, atlet muda yang menyumbang medali perunggu SEA Games 2023, dan tentu saja ada Eko Yuli Irawan yang juga meraih medali emas SEA Games,” ujar Nabil.

Secara khusus, pihaknya juga mengapresiasi prestasi KONI Kabupaten Sampang yang pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2023 meroket peringkatnya ke-20 besar.

"Dari posisi 37 di Porprov 2022, peringkat Sampang meroket di urutan ke 17 pada Porprov 2023 yang digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang," tuturnya.

Pihaknya juga memberi penghargaan kepada Tokoh Peduli Olahraga, yakni Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan, M.Kes, Wakil Rektor Ubaya Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt , dan Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia).

Penghargaan yang digelar tahunan tersebut, dirinya menilai merupakan kegiatan biasa, namun bisa dikatakan luar biasa.

"Biasa, karena kegiatan ini rutin diselenggarakan KONI Jatim. Luar biasanya, KONI Jatim memberikan penghargaan atas prestasi yang diberikan atlet, pelatih, KONI dan Pemerintah Daerah dalam kurun satu tahun," ucapnya.


Berikut daftar penerima KONI Jatim Award 2023: 

Bunda Olah raga Jatim
Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

Pemerintah Kabupaten/Kota Peduli Olah raga
Moh. Ali Kuncoro, S.STP., M.Si (Pj. Wali Kota Mojokerto).
H. Ahmad Muhdlor S.IP (Bupati Sidoarjo).
Ikfina Fahmawati, M.Si (Bupati Kab. Mojokerto).
Sugiat S.Sos, M.Psi.T (Pj. Bupati Jombang).

Atlet Putra Terbaik
Rahmat Adi Mulyono (Atlet Cabang Olah raga Panjat Tebing).

Atlet Putri Terbaik
Janis Rosalita Suprianto (Atlet Cabang Olah raga Selam).

Atlet Muda Potensial
Muhammad Akbar Putra Taufiq (Atlet Cabang Olah raga Renang).

Pelatih Terbaik
Sherly Hudiono (Pelatih Cabang Olah raga Wushu).

Atlet Tim/Beregu Terbaik
Diananda Choirunisa (Atlet Cabang Olah raga Panahan nomor Mixed Recurve).

Atlet Tim/Beregu Terbaik
Riau Ega Agatha (Atlet Cabang Olah raga Panahan nomor Mixed Recurve).

KONI Kabupaten/Kota Terbaik
KONI Kabupaten Sampang (H. Abdul Wasik).

Tokoh Peduli Olah raga
Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes (Rektor Universitas Negeri Surabaya).

Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt    (Wakil Rektor Universitas Surabaya).

Instansi Peduli Atlet
Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia) (Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya).

Pengprov Cabang Olah raga Terbaik
Perkumpulan Angkat Besi Seluruh  Indonesia (PABSI) Jawa Timur (Jeffry Tagore).

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur (Grace Evi Ekawati).

Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Jawa Timur (H. Baso Juherman, SH).

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024