Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengingatkan seluruh jajarannya untuk menjaga netralitas sebagai anggota Polri dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia, Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Saat Apel di Markas Polres Malang, Jawa Timur, Rabu, Kholis mengatakan bahwa bersama dengan anggota TNI, anggota Polri wajib netral dalam perhelatan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari.

"Kita bersama rekan-rekan TNI wajib netral untuk bisa mewujudkan pemilu yang aman, damai, kondusif, dan demokratis," kata Kholis.

Dia menjelaskan seluruh personel harus memastikan bahwa semua tahapan pemilu hingga proses pelantikan anggota legislatif, presiden dan wakil presiden, hingga kepala daerah terpilih dapat berjalan dengan baik.

Menurut Kholis, anggota Polres Malang memiliki pengalaman positif pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkades) serentak tahun 2023. Pengalaman tersebut menjadi modal baik untuk Pemilu 2024 agar berjalan aman dan damai.

"Kita sudah punya pengalaman positif pilkades gelombang dua pada tahun 2023 di Kabupaten Malang, bisa berjalan dengan lancar sampai dengan pelantikan dan tidak ada masalah sedikit pun. Ini menjadi acuan untuk kita semakin semangat mengawal pesta demokrasi 2024," ungkapnya.

Pada Pemilu 2024, lanjutnya, seluruh anggota Polres Malang juga diharapkan mampu membantu meyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka pada hari pemungutan suara tanpa rasa khawatir.

Dia pun mengapresiasi seluruh anggota Polri, khususnya Polres Malang, atas dedikasi dalam menjaga keamanan dan netralitas dalam Pemilu 2024. Kholis berharap Pemilu 2024 bisa berjalan aman dan tertib.

"Mari kita wujudkan situasi yang aman, pelihara terus ketertiban yang ada, agar masyarakat semakin optimistis. Semoga apa yang kita kerjakan bisa berkontribusi untuk melanjutkan seluruh program pembangunan, mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," ujar Kholis..

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024