Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jember menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk memantapkan kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Jatim 2024 yang diselenggarakan di Kabupaten Jember.

Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan selain dengan Diskominfo Jember, rakor tersebut juga dihadiri PWI Jember.

Cak Item, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa terpilihnya Jember sebagai tempat peringatan HPN 2024 karena selama ini perayaan HPN belum pernah dilakukan di wilayah Timur.

"Selain itu, Jember juga memiliki potensi besar di wilayah Jatim," katanya.

Tema HPN tahun ini, kata dia, ialah Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa.

Cak Item menambahkan, dalam pelaksanaan HPN 2024 nantinya akan digelar dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya di Surabaya, selain digelar musik jazz juga turnamen golf serta seminar.

“Untuk di Jember digelar orientasi Keorganisasian Kewartawanan (OKK), seminar, jalan sehat, Baksos, diklat jurnalistik, city tour wisata Jember, pameran UMKM, dan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jember Sugeng Prayitno mengapresiasi pilihan PWI Jatim menjadikan Jember sebagai tuan rumah perayaan HPN 2024.

Sebab, pihaknya sudah mengusulkan agar Jember menjadi tuan rumah HPN sejak dua tahun lalu.

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Jember juga sudah mendukung agar Jember bisa menjadi tuan rumah saat itu.

"Alhamdulillah, usulan kami bisa terlaksana di tahun 2024 ini, kami bersama Pemkab Jember siap mendukung kegiatan HPN 2024, ini suatu kebanggaan menjadi tuan rumah," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Supra tersebut berharap agar pelaksanaan HPN 2024 bisa berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan sama, Kepala Diskominfo Jember Boby Ary Sandi menilai dengan menjadi tuan rumah HPN 2024, hal itu menjadi peluang untuk memperkenalkan Jember.

"Ini adalah satu kesempatan untuk mengenalkan Jember ke luar melalui teman-teman pers," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama PWI Jember dan PWI Jatim akan lebih intens berkomunikasi untuk menyukseskan HPN Jawa Timur 2024 di Kabupaten Jember.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024