Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengajak kepada pemilih pemula yang ada di kabupaten setempat untuk mewujudkan pemilihan umum (Pemilu) damai.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dalam keterangannya di Sidoarjo, Senin mengatakan untuk mewujudkan Pemilu damai tersebut dikemas dalam kegiatan "Mlaku Bareng Bupati Sidoarjo" (jalan bersama Bupati Sidoarjo, Red) yang diikuti ratusan pemuda dan tokoh masyarakat di Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran.
 
"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-nya kepada kepala desa, serta warga Desa Banjarsari atas terselenggara-nya acara deklarasi pemilu damai," ujarnya.
 
Ia berpesan tidak hanya di tahun ini, namun untuk tahun-tahun sebelumnya bahkan nanti dimana sudah terbiasa dalam iklim demokrasi.
 
Ia menyampaikan, dalam pilihan apa pun ada hal yang harus selalu dijaga yaitu kerukunan jangan sampai diganggu dengan apa pun karena kerukunan adalah aset terbesar bagi warga Sidoarjo.
 
"Untuk semua peserta jalan sehat jaga pengguna jalan lainnya supaya bisa berjalan dengan lancar dan semoga warga Desa Banjarsari lebih tambah guyub rukun lagi," harpanya.
 
Di tengah-tengah warga Desa Banjarsari Gus Muhdlor menyampaikan permohonan maaf jika aktivitas warga Banjarsari beberapa saat lalu sedikit mengalami gangguan karena ada proyek pembangunan jalan beton.
 
"Gangguan ini hanya sementara saja, setelah itu semua akan bahagia, semua warga bisa merasakan hasil pembangunan jalan Desa Banjarsari-Damarsih yang sudah dibeton," ujarnya.
 
Kepala Desa Banjarsari Moehammad Nidlomudin menyampaikan jika kegiatan ini merupakan hajatan dari warga Desa Banjarsari khusus bagi para pemilih pemula, karena acara ini merupakan gagasan dari para pemimpin muda serta anak-anak muda, dimana anak-anak muda siap berkomitmen untuk menjaga situasi yang kondusif di Sidoarjo terutama di tahun politik saat ini.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang berkenan hadir menemani warga Banjarsari pada acara Mlaku Bareng Bupati dan Deklarasi Damai Pemilu 2024 dan juga jalan sehat," katanya.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023