Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember, Jawa Timur, meninjau sejumlah gereja untuk memastikan bahwa perayaan Natal 2023 di kabupaten setempat berjalan aman dan damai.

"Peninjauan itu merupakan kegiatan Forkopimda setiap tahunnya rutin dilaksanakan untuk memberi rasa aman, nyaman, damai dan lancar bagi yang merayakan Natal," kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai berkeliling di sejumlah gereja di Jember, Minggu.

Bupati Jember bersama jajaran Forkopimda turun langsung untuk memastikan kesiapan pengamanan gereja-gereja agar nantinya saat melaksanakan Ibadah Hari Raya Natal maka dipastikan gereja aman dan kondusif, sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah natal bagi umat Kristiani yang melaksanakannya.

"Dari kegiatan patroli yang kami lakukan menjelang puncak perayaan Natal tahun 2023 diharapkan bisa memberikan ketenangan bagi umat Kristiani dalam menjalankan ibadah," tuturnya.

Baca juga: Forkopimda dan parpol Jember komitmen bersama wujudkan pemilu damai

Sementara Kapolres Jember AKBP Nurhidayat mengatakan pihaknya sudah menyiagakan sekitar 160 orang personel dari jajaran polres hingga polsek untuk mengamankan perayaan Natal yang disebar di seluruh gereja hingga ibadah umat Kristiani tersebut selesai.

"Kami juga berkomitmen bersama untuk saling bersinergi juga berkolaborasi antara Pemkab Jember, TNI dan Polri serta pemangku kepentingan yang ada untuk mengamankan perayaan ibadah Natal," katanya.

Menurutnya ratusan personel yang disebar di seluruh gereja dan titik rawan kepadatan arus kendaraan karena perayaan Natal tahun 2023 juga bertepatan dengan libur akhir tahun, sehingga arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan sangat padat.

"Kami juga melakukan sterilisasi sejumlah gereja dengan melibatkan anjing pelacak untuk memastikan bahwa di dalam gereja juga aman dan tidak ada hal-hal mencurigakan yang dapat mengganggu kegiatan ibadah bagi masyarakat yang merayakan Natal," ujarnya.

Forkopimda melakukan peninjauan sejumlah gereja di antaranya Gereja Katolik Santo Yusup, Gereja Ekklesia, dan Gereja Bethel Indonesia Mojopahit, kemudian juga menyempatkan memantau Pos Pantau Natal dan Tahun Baru di Terminal Tawang Alun dan Alun-alun Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023