Forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan pimpinan partai politik di Kabupaten Jember komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu damai dengan menggelar Deklarasi Pemilu 2024 Damai di Markas Kodim 0824 Jember, Jawa Timur, Senin.

Kegiatan deklarasi itu dihadiri Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati M.B. Firjaun Barlaman, anggota KPU, bawaslu setempat, 18 pimpinan partai politik peserta pemilu di Jember, serta tokoh organisasi kemasyarakatan.

"Kami melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2004 agar semuanya rukun dalam pesta demokrasi. Deklarasi itu sebagai momentum dalam menyatukan visi dan misi untuk pelaksanaan pemilu dan pilkada yang aman, tertib, dan berintegritas," kata Komandan Kodim 0824 Letkol Inf. Rahmat Cahyo Dinarso di Jember.

Dandim mengimbau semua pihak untuk menjaga kerukunan agar Jember aman dan kondusif pada Pemilu 2024 karena pesta demokrasi 5 tahunan itu menjadi momentum untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia bisa menjalankan pemilu dengan baik.

"Sejauh ini pantauan kami cukup kondusif di Jember. Untuk tiga parpol yang tidak hadir dalam deklarasi, akan kami datangi agar bersedia membubuhkan tanda tangan sebagai komitmen mewujudkan pemilu damai," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengimbau seluruh parpol wajib menjunjung tinggi sportivitas dan semangat kebersamaan agar pelaksanaan demokrasi rakyat berjalan kondusif dan damai.

"Mari jaga kerukunan, sampaikan visi dan misi yang bagus, serta mari wujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. Mari satukan komitmen dan tekad untuk wujudkan demokrasi yang aman, tertib, dan berintegritas," katanya.

Hendy juga mengimbau parpol peserta pemilu untuk terlibat aktif menyosialisasikan dan menyukseskan Pemilu 2024 agar partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara nanti meningkat.

Sejauh ini, menurut dia, suhu politik di Jember cukup kondusif, warga memiliki hak untuk menentukan pilihan dan apabila berbeda dengan yang lain itu tidak ada masalah. Pemkab Jember akan memfasilitasi semua parpol sekaligus berharap pesta demokrasi berlangsung bahagia.

Anggota KPU Kabupaten Jember Hanafi mengapresiasi kegiatan deklarasi damai yang dilaksanakan oleh Kodim 0824 Jember karena banyak lembaga dan pihak yang memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan Pemilu 2024 secara damai.

"Kami berharap deklarasi ini tidak hanya oleh penyelenggara pemilu, Polri, dan TNI, tetapi para pihak yang memiliki komitmen yang sama bisa melaksanakan hal serupa sehingga suasana Kabupaten Jember terus kondusif pada tahun politik," katanya.

Seluruh forkopimda dan pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 membubuhkan tanda tangan untuk komitmen melaksanakan pesta demokrasi 5 tahunan secara damai.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023