Petugas gabungan dari Polres, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melakukan tes urine terhadap semua sopir bus untuk antisipasi adanya pengemudi menggunakan narkoba yang dapat membahayakan penumpang menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2023.

Selain tes urine, petugas Dinas Kesehatan setempat juga sekaligus mengecek kondisi kesehatan sopir bus guna memastikan saat mengemudi mereka benar-benar dalam kondisi sehat alias tidak sedang sakit.

"Petugas gabungan melakukan tes urine pengemudi angkutan penumpang itu guna mengantisipasi adanya sopir yang mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya yang dapat membahayakan penumpang," ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto usai meninjau pelaksanaan tes urine sopir bus di Terminal Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Kapolres menegaskan bahwa cek kesehatan sopir angkutan penumpang penting untuk memastikan para pengemudi itu tidak terpengaruh obat-obatan, sehingga penumpang bus maupun angkutan umum lainnya aman dan nyaman saat bepergian pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Polres Situbondo limpahkan kasus perburuan liar ke kejaksaan

Tidak hanya tes urine dan kesehatan pengemudi angkutan umum, lanjut AKBP Dwi S Rakhmanto, petugas juga melaksanakan pengecekan kelaikan kendaraan bus mulai dari ban hingga fungsi lampu dan kelaikan rem bus lainnya termasuk kelengkapan surat dan izin trayek.

"Tujuannya untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam rangka kesiapan menghadapi libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dan Operasi Lilin Semeru 2023," kata Kapolres.

AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambahkan, dari sebanyak 52 sopir angkutan umum yang dilakukan tes urine tidak ditemukan dari mereka yang positif mengonsumsi narkoba.

"Untuk para sopir diperiksa oleh tim dari dokter kesehatan Polres Situbondo bersama Dinkes, sedangkan kendaraan diperiksa oleh petugas dari Dinas Perhubungan. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan sopir yang terindikasi menggunakan narkoba dan kendaraan juga laik jalan," tutur Kapolres.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023