Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan Halili menyatakan bahwa tantangan terberat dalam setiap tahapan  Pemilu 2024 adalah penyebaran berita bohong.

"Karena itu kerja sama yang baik dan saling mendukung antara penyelenggara Pemilu 2024 dengan insan pers penting untuk ikut membantu suksesnya pelaksanaan pemilu kali ini," kata Halili saat menyampaikan sambutan dalam acara media gathering di Pamekasan, Jawa Timur, Minggu malam.

Ia menjelaskan, berdasarkan temuan KPU RI, hingga 17 Desember 2023 ini telah ditemukan sebanyak 90 berita bohong tentang pemilu yang tersebar di sejumlah media, terutama pada platform media sosial.

Salah satu isinya tentang keberpihakan penyelenggara pemilu kepada pasangan calon.

Halili menjelaskan, pada kabar yang tersebar itu disebutkan bahwa pemenang pemilu telah ditentukan, dan pelaksanaan pemungutan suara hanya sebatas kegiatan formal.

Baca juga: KPU Pamekasan butuh 17.136 petugas KPPS Pemilu 2024

"Padahal itu sama sekali tidak benar. Karena itu, kami mengajak teman-teman insan pers untuk ikut andil melakukan pendidikan kepada publik agar mereka tidak terpengaruh dengan kabar yang tidak bertanggung jawab tersebut," katanya.

Pada acara media gathering yang digelar di salah satu aula hotel di Pamekasan itu, KPU Pamekasan juga menjelaskan tentang tahapan pelaksanaan pemilu yang telah berlangsung hingga saat ini.

"Saat ini, tahapan Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif telah memasuki tahapan kampanye. Tapi untuk kampanye akbar, seperti kampanye rapat umum masih akan dimulai pada 21 Januari 2024," kata dia.

Halili juga menjelaskan, logistik Pemilu 2024 yang telah diterima KPU Pamekasan hingga 17 Desember 2023 sekitar 90 persen dari total kebutuhan dan saat ini telah disimpan di gudang penyimpanan logistik pemilu yang terletak di Jalan Raya Tlanakan, Pamekasan.

Pelaksanaan pemungutan suara untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan akan digelar di 2.448 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 keluhan di 13 kecamatan se-Kabupaten Pamekasan.

Jumlah pemilih di kabupaten ini berdasarkan data pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 676.308 orang, terdiri atas 349.529 perempuan dan 326.779 laki-laki.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023