Biro Pengadaan BarangJasa Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan "Anugerah ANTARA Jatim 2023" kategori Pelaksana Program "Jatim Berdaya" Nawa Bhakti Satya Bidang Transformasi Pengadaan Digital Belanja Online.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Timur Endy Alim Abdi Nusa di Surabaya, Jumat, mengatakan dengan terobosan yang dilakukan oleh Biro PBJ Setdaprov Jawa Timur melalui program Jatim Bejo diharapkan dapat membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena pembayaran dari pembeli dapat diterima oleh penyedia dalam waktu relatif lebih singkat.

"Saya harap, praktik baik dan bersih yang diterapkan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi lain di tanah air," katanya.

Langkah konkret tersebut juga untuk mewujudkan pengadaan pemerintah yang transparan dan akuntabel, sekaligus langkah nyata Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mempersingkat tenggang waktu pembayaran ke penyedia yaitu pelaku UMKM.

"Terima kasih atas apresiasinya kepada kami, semoga penghargaan ini bisa membuat Biro PBJ semakin baik lagi," ucapnya.

"Semoga apa yang sudah kami lakukan ini, dengan arahan dari Bu Gubernur bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Acara tersebut digelar juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-86 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Peraih penghargaan itu adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kategori "Tokoh Pelopor dan Penggerak Nawa Bhakti Satya" sehingga layak menyandang gelar "Lifetime Achievement".

Kemudian ada empat nama kepala daerah, yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan kategori "Kepala Daerah Akselerator Pengentasan Stunting di Jawa Timur", Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan dan Pengembangan Potensi Wisata di Jawa Timur".

Berikutnya adalah Bupati Jember Hendy Siswanto dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan Ketersediaan Pangan di Jawa Timur", dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dengan kategori "Kepala Daerah Penggerak Keterbukaan Informasi dan Digitalisasi di Jawa Timur,".

Biro ANTARA Jawa Timur juga mengganjar penghargaan kepada 12 instansi di lingkungan pemprov setempat, karena dinilai punya kinerja apik dalam pelaksanaan program kerja sepanjang 2023.

Belasan instansi di bawah naungan Pemprov Jawa Timur, terdiri dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Biro Pengadaan Barang/Jasa, serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Kemudian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Peternakan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur.

Selain itu, penghargaan juga turut diberikan kepada PT Rejoso Manis Indo  dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

Tak hanya itu, tiga tokoh asal Jawa Timur juga mendapatkan apresiasi lantaran punya peran dalam pengembangan sejumlah bidang, baik itu pendidikan, dakwah modern, hingga kebudayaan.

Tiga nama itu, yakni Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr. Suko Widodo, Drs., M.Si., inovator dakwah digital pesantren dan masjid Helmy M Noor, dan legenda hidup seniman tradisional ludruk Cak Kartolo.

Penghargaan yang diberikan kepada puluhan pihak langsung diserahkan oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023