Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mengapresiasi patriot-patriot olah raga dengan menggelar "KONI Jatim Award 2023" pada Januari 2024.

Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan gelaran tersebut diberikan untuk patriot-patriot olah raga di Jawa Timur yang menorehkan prestasi tingkat nasional hingga internasional.

"Ini bentuk pengakuan kami terhadap prestasi siapapun insan olah raga di Jawa Timur yang memberi kontribusi melalui dunia olahraga," ucapnya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada para atlet, pembina, kepala daerah dan orang yang mau mengayomi olah raga.

"Kami beri apresiasi dan legacy agar daerah lain dan atletnya punya semangat yang meningkat untuk meng-upgrade diri lebih baik," katanya.

Melalui ajang KONI Jatim Award ini, lanjutnya, sekaligus menjadi bukti perlu adanya keseriusan tidak hanya dari pegiat olahraga saja tapi juga pemerintah.

Sebab, kata Nabil, ada tuntutan baru selain meningkatkan prestasi yakni pengembangan sport industry dan sport tourism yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semua kegiatan olahraga tidak hanya berhenti pada prestasi saja. Itu kontribusi olahraga membangun daerah. Kita banyak saksikan negara terkenal karena prestasi olahraga," ujarnya.

Nabil menjelaskan, dalam pemilihan dan penilaian yang masuk dalam nominasi peraih KONI Jatim Award tersebut juga melibatkan unsur wartawan dan media.

"Selain kami punya data-data tentang prestasi, teman-teman wartawan khususnya yang selama ini melakukan liputan olah raga pasti juga memiliki data tentang prestasi para atlet. Karena itu kami juga melibatkan mereka dalam penilaian sehingga nantinya hasil dari KONI Jatim Award ini terjaga objektivitasnya," ujar Nabil.

Nabil menambahkan yang menjadi dasar penilaian untuk atlet dan pelatih terbaik 2023 ini adalah prestasi di ajang multievents seperti SEA Games 2023, Asian Games 2023.

Selain itu, prestasi di single events, seperti kejurnas, kejuaraan internasional, bahkan kejuaraan dunia sepanjang tahun 2023 ini.

"Termasuk ajang Porprov VIII 2023 lalu juga akan kami pilah dan pilih atlet yang layak menjadi rising star atau atlet masa depan," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023