Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo menginstruksikan petugas Kantor SAR Surabaya meningkatkan koordinasi bersama pemerintah daerah dan TNI-Polri terkait pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024, di Jawa Timur.

"Koordinasi dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas SAR, khususnya jelang pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru ini," kata Kusworo melalui keterangan resmi diterima di Surabaya, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Basarnas juga meninjau kesiapan petugas Kantor Basarnas Surabaya menghadapi potensi situasi kegawatdaruratan saat masa Nataru.

Ia juga mengecek kesiapan peralatan penyelamatan, seperti search camera and rescue radar untuk mendeteksi korban di reruntuhan, peralatan confined space rescue, peralatan vertical rescue, peralatan water rescue dan sejumlah alat SAR lainnya.

"Alat utama SAR dan peralatan SAR lainnya siap digunakan untuk menunjang tugas-tugas kemanusiaan," ucapnya.

Setelah meninjau peralatan penyelamatan di Kantor SAR Surabaya, Kusworo berkunjung ke Markas Komando Puspenerbal untuk meninjau alat utama SAR udara milik Basarnas, yaitu satu unit helikopter Dauphin AS365 N3+ dan satu unit helikopter Bolco 105.

Kepala Basarnas kemudian meninjau alat utama SAR laut di dermaga Navigasi Tanjung Perak, yaitu KN SAR 249 Permadi, KN SAR 234 Antasena, KN SAR 225 Widura, dan KN SAR 406 Srikandi.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023