Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur,  di penghujung tahun 2023 meraih Anugerah Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk kategori pemerintah kabupaten/kota dalam program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Situbondo Samsuri menjelaskan bahwa EPSS merupakan proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilai mandiri dalam tujuan mengukur kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

"Selama ini Pemkab Situbondo melaksanakan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral sebagai tindak lanjut dari peraturan," kata Samsuri di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Menurut dia, statistik memiliki peran yang sangat vital dalam pengambilan kebijakan karena hasil dari statistik yang tepat itulah maka akan lahir kebijakan-kebijakan yang tepat untuk kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini Pak Bupati selalu meminta kepada jajaran di lingkungan Pemkab Situbondo untuk terus bersinergi kuat dengan Badan Pusat Statistik dalam berbagai statistik yang akan dilakukan. Statistik punya peran vital dalam pengambilan kebijakan," ucap Samsuri.

Penghargaan dari BPS ini, lanjut dia, diharapkan menjadi pendorong semangat bagi seluruh jajarannya dan masyarakat Situbondo yang menjadi subjek ataupun objek penting dalam setiap statistik yang akan atau telah dilakukan.

"Jadikan ini sebagai motivasi, dan hendaknya dipertahankan, dan terus ditingkatkan," kata Samsuri.
Foto bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi usai menerima penghargaan "Ki Award Jatim". ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo


Baca juga: Pemkab: "Merak Balu-Run 2023" agenda tahunan tarik turis ke Situbondo

Pemkab Situbondo juga menerima penghargaan pada acara Malam Anugerah Keterbukaan Informasi "Ki Award Jatim 2023" dari Komisi Informasi Jawa Timur, di Grand Swiss-Bel Hotel Darmo Surabaya, pada Senin (4/12).

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi. Dalam ajang Ki Award, Pemkab Situbondo dinobatkan sebagai kabupaten informatif tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur.

Penghargaan ini berkaitan dengan implementasi Undang Undang Nomor 14 Tahun 2006 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Samsuri menjelaskan pada penghargaan Ki Award itu Pemerintah Kabupaten Situbondo telah melewati berbagai tahap, mulai dari pendaftaran administrasi hingga penilai oleh dewan juri.

"Terakhir tim juri melakukan penilaian lapangan melalui media zoom meeting. Kebetulan itu bersamaan dengan pertemuan bupati dengan para kiai dan umara di Ponpes Taksinul Akhlak," ujar dia.

Menurut Samsuri, dewan juri secara langsung menilai Bung Karna (Bupati Situbondo) dengan berani menginformasikan kepada masyarakat berbagai program kerja baik yang sudah berlangsung maupun yang sedang dalam rencana.

"Saat memaparkan dalam pertemuan secara virtual, dewan juri langsung mengapresiasi Pak Bupati," kata Samsuri.

Di hari yang sama, Bupati Situbondo Karna Suswandi juga dinobatkan sebagai TOP Leader on Digital Implementation 2023 dalam ajang TOP Digital Award 2023 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Selain itu, juga mendapatkan penghargaan kategori TOP Digital Implementation 2023 Level Starts Bintang Empat untuk Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023