Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur, menerima penghargaan Swasti Saba kategori Padapa dari Kementerian Kesehatan sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan kota setempat dalam menyelenggarakan kabupaten/kota sehat tahun 2023.

"Penghargaan itu merupakan buah kerja keras semua pihak baik Pemerintah Kota Probolinggo maupun seluruh lapisan masyarakat," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dalam keterangan tertulis yang diterima di kota setempat, Rabu.

Menurutnya, penghargaan itu bukan kerja satu pihak, namun upaya bersama karena perjuangan tidak bisa dilakukan sendiri dan inisiasi dari pemerintah harus disambut dengan baik oleh masyarakat, sehingga bisa mewujudkan Kota Probolinggo yang lebih baik.

"Tak hanya saat ini, namun juga di masa mendatang, sehingga kebaikan-kebaikan di Kota Probolinggo mendatangkan maslahat bagi semua pihak," tuturnya.

Baca juga: Wali Kota Probolinggo dukung pembudidaya ikan bisa mandiri

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Probolinggo dr. Nurul Hasanah Hidayati menjelaskan bahwa hal itu merupakan wujud kolaborasi lintas sektor, partisipasi masyarakat dan kolaborasi pemerintah, masyarakat dan swasta dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat.

"Yakni lingkungan yang bersih, nyaman, aman dan sehat secara holistik dan berkelanjutan. Mewujudkan program kota sehat memerlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta," katanya.

Tidak hanya lingkungan yang sehat, kata dia, beberapa sektor penggerak lainnya seperti akses kesehatan bagi seluruh masyarakat dan pemberdayaan masyarakat hingga ke tingkat kelurahan juga jadi perhatian pemerintah dalam upaya membangun masyarakat yang sehat dan mandiri.

"Program kota sehat yang berkelanjutan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat secara beriringan. Komitmen bersama mewujudkan Kota Probolinggo ODF tahun 2024," ujarnya.

Penghargaan Swasti Saba diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil mengimplentasikan sembilan tatanan yaitu kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan tempat ibadah sehat, pasar rakyat sehat, sekolah/ madrasah sehat, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, pencegahan dan penanganan bencana.

Sedangkan penyelenggaraan penghargaan Kota Sehat diberikan kepada kabupaten/kota yang memenuhi kriteria setiap dua tahun sekali, yang dikenal dengan Swasti Saba dengan tiga kategori, yaitu Padapa, Wiwerda dan Wistara. Pada tahun 2023 Kota Probolinggo meraih piala Swasti Saba Padapa.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023