Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai melakukan pemesanan melalui e-katalog untuk pengadaan surat suara Pemilu Serentak 2024 setelah berbagai jenis logistik pengadaan KPU pusat telah rampung diterima.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengemukakan bahwa pengadaan logistik pemilu tahap pertama sudah rampung dan sudah tersimpan di gudang logistik di pusat oleh-oleh Situbondo, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji.

"Alhamdulillah pengadaan logistik pemilu tahap pertama sudah rampung. Hari ini kami sudah mulai melakukan pemesanan pengadaan surat suara pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota," kata Marwoto di Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Menurut ia, pengadaan logistik tahap pertama selesai tepat waktu dan KPU Kabupaten Situbondo telah menerima berbagai jenis logistik hingga 17 November 2023.

Marwoto menyebutkan, logistik tahap pertama yang sudah diterima meliputi 4.030 botol tinta, 10.109 kotak suara, 8.060 bilik suara, 193.768 segel kertas dan 52.390 segel plastik (kabel tis).

Sesuai dengan jadwal tahapan Pemilu 2024, lanjut Marwoto, pada awal Februari 2024 akan ada pergeseran logistik pemilu ke seluruh kecamatan.

Oleh karena itu, katanya, dalam waktu dekat KPU akan memastikan kesiapan gudang logistik pemilu di tingkat kecamatan.

"Kami juga sudah menjadwalkan untuk melakukan pemantauan gudang logistik di kecamatan-kecamatan untuk memastikan kesiapannya," ujar dia.

Data KPU Situbondo menyebutkan ada 469 orang bakal calon anggota legislatif yang terdaftar dalam dokumen DCT berasal dari 16 partai politik yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Ke-16 partai politik itu adalah Partai Gerindra, PKB, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023