Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak anggota kepanduan, khususnya di tingkat pramuka penegak dan pandega menyiapkan diri menyongsong Indonesia Emas 2045

"Karena adik-adiklah generasi emasnya. Saya berharap bahwa seluruh penegak dan pandega tidak bersiap menjadi karyawan, tapi bersiap menjadi juragan, pemimpin di berbagai sektor kehidupan," ujarnya di sela Raimuna Jatim XIV Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pantai Prigi Trenggalek, Jumat malam.

Ia yakin apapun profesi yang digeluti di masa mendatang, para kader pandu bisa menempati posisi strategis di negeri ini sehingga dapat melanjutkan pembangunan Indonesia di semua sektor dengan penuh integritas dan berkualitas.

"Yang mau jadi TNI-Polri, bersiap-siap karena umur 40 tahunan sudah ada yang bisa jadi kolonel. Yang akan menjadi dosen, mudah-mudahan bisa jadi profesor. Dan yang mau masuk ke ranah ekonomi, semoga bisa jadi bos besar," ucapnya.

Khofifah yang juga Gubernur Jatim tersebut menekankan pentingnya kebersamaan dan persaudaraan yang terjalin di kegiatan Raimuna, sebab untuk menjadi pemimpin strategis dibutuhkan kekompakan.

"Maka saya pikir Raimuna Jatim lima tahun sekali itu terlalu lama. Jadi saya menyarankan bisa digelar tiga tahun sekali secara rutin agar kebersamaan dan kebersatuan ini terus terjalin," kata dia.

Selain menyiapkan diri, Khofifah juga berpesan agar para pandu juga menjaga lingkungan untuk masa depan kehidupan. Menurutnya, Pramuka Jatim dapat memberikan dampak besar dengan jumlah anggota sebanyak 3,3 juta orang berdasarkan Sistem Informasi Pengelolaan Anggota (SIPA).

"Nenek moyang kita ini adalah pelaut karena wilayah Indonesia 84 persen maritim. Jadi cinta kita kepada laut harus berseiring dengan menjaga daya dukung alam dan daya dukung lingkungan. Termasuk menjaga habitat laut," tuturnya.

Sementara itu, Raimuna Jatim ini digelar selama lima hari, pada 16-21 November 2023 yang diikuti 1.500 anggota perwakilan 38 kwartir cabang se-Jatim.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jatim Arum Sabil, Ketua Mabicab Trenggalek sekaligus Bupati Mochamad Nur Arifin, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga M Ali Kuncoro serta sejumlah pejabat lainnya.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023