Ketua Umum Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Indonesia (ALDIKAPI) periode 2023-2027 Nofian Supriyono mencanangkan tiga program prioritas usai ditetapkan sebagai ketua asosiasi tersebut.

Melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Jumat, aspek pertama yang siap dijalankan adalah pelaksanaan program lembaga diklat yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Memastikan program yang dilaksanakan oleh lembaga diklat keamanan penerbangan  tidak keluar dari visi dan misi sebagai wadah penyelenggara diklat keamanan penerbangan," kata Nofian.

Kedua kata dia, mempersiapkan ALDIKAPI menjalin sinergitas lebih luas dengan direktorat dan stakeholder terkait, agar pelaksanaan kebutuhan materi diklat bisa semakin sesuai dengan regulasi yang ada.

"Saya bersama kepengurusan baru nanti akan menjamin terselenggaranya pendidikan dan keilmuan serta pelatihan sumberdaya manusia kepada semua pusat pendidikan dan pelatihan penerbangan secara baik," ucapnya.  

Sinergitas itu juga sebagai langkah standarisasi materi ajar pada setiap lembaga diklat yang ada.

Kemudian, mempersiapkan materi diklat dengan menyesuaikan pada perkembangan situasi yang ada saat ini, salah satunya untuk mencegah perbuatan melawan hukum.

"Ancaman penerbangan setiap hari ada, baik dalam tindakan melawan hukum seperti memasukkan barang yang dilarang, berita hoaks yang berupa ancaman dan sebagainya," kata dia.

Tiga poin tersebut sudah seharusnya menjadi dasar pemahaman bagi seluruh personel di bandara.

"Tenaga kerja di sektor penerbangan harus memiliki sertifikat keahlian dan yang memberikan sertifikasi adalah lembaga diklat," lanjutnya.

Sementara, Direktur Keamanan Penerbangan Budhi Kurniawan Kresna mengatakan ALDIKAPI punya tanggung jawab memberikan fasilitas kepada lembaga diklat dalam rangka mengembangkan informasi.

"Sinergi antara lembaga diklat dengan Direktorat Jenderal Keamanan Penerbangan juga menjadi kunci keberhasilan program peningkatan SDM di semua sektor oleh pemerintah," ujar dia.

Diketahui, Penetapan Nofian Supriyono sebagai Ketua Umum ALDIKAPI dilakukan melalui Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta.

Nofian menggantikan posisi ketua yang sebelumnya dipegang oleh Guntur Sunarko Putro.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023