BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo menyerahkan penghargaan kepada sejumlah perusahaan platinum atau perusahaan skala besar melalui kegiatan Customer Gathering.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, Novias Dewo Santoso di Sidoarjo, Selasa mengatakan acara ini menjadi ajang silaturahmi dan wadah untuk berbagi informasi terkait kondisi jaminan sosial ketenagakerjaan dengan perwakilan perusahaan yang ada. 
 
"Dalam kegiatan tersebut, juga diselipkan penghargaan berupa sertifikat kepada beberapa perusahaan. Di antaranya adalah perusahaan Tjiwi Kimia yang telah berpartisipasi dalam program perlindungan sebanyak 6.000 pekerja rentan, perusahaan Young Tree Industries kategori perusahaan terbanyak dengan 80 persen tenaga kerja pengguna aktif JMO dan perusahaan Tirtakencana Tata Warna sebagai perusahaan tertib bayar iuran tiap bulan," katanya.
 
Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat ikatan antara BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan-perusahaan binaan kategori skala besar (platinum).
 
Selain itu, kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tentang program-program manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Ada beberapa hal penting yang akan kami sampaikan kepada pimpinan perusahaan, HRD, ataupun personalia. Pada tahun ini khususnya, kami ingin memastikan bahwa setiap perusahaan skala besar binaan BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo dapat lebih rutin membayar iuran di bulan yang berlaku. Kami juga berharap agar perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) mereka untuk melindungi pekerja di sekitar perusahaan yang belum terlindungi," kata Dewo.
 
Dia menjelaskan perusahaan-perusahaan dapat menggunakan dana CSR mereka untuk membantu melindungi pekerja rentan seperti petani atau pemulung yang mungkin belum mampu membayar perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.
 
"Hal ini merupakan langkah positif dalam mendukung upaya perlindungan sosial. Kami sudah melihat beberapa perusahaan yang telah berkomitmen untuk menyalurkan dana CSR mereka untuk jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan. Ini adalah langkah penting dalam membangun perlindungan sosial yang lebih luas," ucapnya.
 
Dewo berharap kegiatan silaturahmi ini akan mendorong semua perusahaan skala besar (platinum) untuk lebih aktif dalam menyalurkan dana CSR mereka untuk melindungi pekerja rentan.
 
Dengan kolaborasi yang kuat antara perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan, perlindungan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023