Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut media massa menjadi aktor penting dalam upaya pembangunan kota, dari sisi fisik maupun non fisik melalui penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Hal tersebut dikatakan Eri saat menggelar pertemuan dan silaturahim bersama sejumlah pimpinan media massa di Kafe Foodies Gallery Surabaya, Jumat sore.

"Kami tidak bisa bergerak sendiri jadi kami membangun kota secara bersama untuk umat. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tidak bisa menciptakan kesejahteraan sendiri," katanya.

Cak Eri, sapaan akrabnya, menyebut peranan media massa adalah mengabarkan informasi sesuai dengan fakta dan data di lapangan. 

Karena itulah, kata dia, apabila ada suatu kabar tentang persoalan maka pihaknya menjadikan hal tersebut sebagai rujukan mencari solusi.

Selain itu, informasi yang disajikan oleh media juga dijadikan sebagai koreksi atas kinerja pemerintahannya. "Apa yang disampaikan media kalau sesuai fakta harus dijalani," ujarnya.

Dia menyatakan Pemkot Surabaya juga tak menutup pintu atau antipati terhadap berbagai saran dan kritik masuk, sebab hal tersebut merupakan kepedulian dari media di wilayah setempat untuk membantu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

"Sampaikan pada kami, jadi kami bisa menyelesaikan stunting, kemiskinan. Itulah peran media," ucap dia.

Kendati demikian, Cak Eri menyatakan awak media harus tetap memegang teguh kejujuran dalam menuliskan suatu berita.

"Tetapi jangan sampai misalnya ketika ada berita soal penanganan kemiskinan beritanya jadi tidak benar, padahal faktanya ada 100  orang yang sudah dibantu," tuturnya.
 

Sementara itu, Eri juga berharap kolaborasi membangun Surabaya antara pemkot dan media massa bisa terus berjalan harmonis.

Dia pun kembali menekankan bahwa pemkot tak bisa mewujudkan kesejahteraan tanpa adanya peran media yang bertugas menyampaikan informasi kepada khalayak luas.

"Kenapa sekarang Surabaya bisa melakukan gorong-gorong seluruh perkampungan? Lantas, bagaimana kita bisa menyentuh masyarakat miskin dengan pemberian bantuan, itu semua atas bantuan media," kata dia.

"Maka kedepannya saya harap semakin sinergi dengan pemerintah kota Surabaya karena kita tujuannya sama, yakni memberikan kemaslahatan masyarakat," tutur Cak Eri.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023