Ketua Harian Kwarda Pramuka Jawa Timur Suyatno menyatakan sudah mengirimkan surat dukungan bagi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi sebagai Calon Ketua Kwarnas Pramuka periode 2023-2028.

Dukungan terhadap GKR Mangkubumi merupakan hasil kesepakatan bersama yang diambil dari kwarcab pramuka se-Jawa Timur. Kemudian ditindaklanjuti melalui pembahasan oleh pimpinan kwarda.

"Maka kwarda mengusulkan Kakak Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi sebagai bakal calon Ketua kwarnas masa bakti 2023-2028," kata Suyatno melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Suyatno menjelaskan alasan dukungan tersebut lantaran para pengurus di tingkat cabang memandang GKR Mangkubumi merupakan sosok memiliki karakter kuat dalam hal memimpin organisasi.

"Kwarnas membutuhkan tokoh pemimpin yang teduh, mengayomi, merangkul dan yang menjadi teladan bagi semua pengurus Kwartir di setiap tingkatan dan teladan bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan masing-masing kwarda pramuka agar memegang teguh sejarah Gerakan Pramuka yang berdiri pada 1961.

Saat itu, Presiden Soekarno mengamanatkan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk menyatukan puluhan organisasi kepanduan ke dalam satu organisasi, yaitu Gerakan Pramuka.

"Semangat persatuan dan persaudaraan untuk memajukan kepramukaan di Tanah Air menjadi pesan kunci Bapak Presiden kepada Kak Sultan Hamengkubuwono IX," kata dia.

Presiden Soekarno kemudian menunjuk Sultan Hamengkubuwono IX menjadi Ketua Kwarnas tahun 1974.

"Kak Sultan menyerahkan jabatan ketua Kwarnas kepada Letjen TNI (Purn) Sarbini karena dirinya 
terpilih sebagai Wakil Presiden Indonesia," lanjutnya.

Dia berharap setelah terpilih GKR Mangkubumi bisa melanjutkan tampuk kepemimpinan sekaligus menjaga marwah pramuka.

"Kakak-kakak pimpinan kwarda mesti melihat aspirasi dan harapan dari adik-adik peserta didik, kakak-kakak pembina, pelatih dan andalan yang ingin ketua kwarnas mendatang sebagai sosok pemersatu dan penjaga marwah pramuka," ucapnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023