Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Dirmanto mengimbau masyarakat untuk ikut serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi setempat.
 
"Hari ini Gunung Lawu masih terjadi kebakaran bahkan meluas sampai ke wilayah Jawa Tengah dan ini memprihatinkan. Jadi kami mohon masyarakat ikut berpartisipasi mencegah jangan sampai terulang kebakaran hutan ataupun lahan," kata Dirmanto di Surabaya, Kamis.

Ia menyebut Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto juga sudah mengumpulkan seluruh Polres dan pemangku kebijakan agar berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap kejadian kebakaran di wilayah Jatim.
 
"Bapak Kapolda juga sudah memerintahkan jajaran untuk pencegahan terjadinya karhutla ini," katanya.
 
Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol. Farman menyebut berkas tersangka kasus karhutla Gunung Bromo atas nama Andrie Wibowo Eka Wardhana (41) asal Kabupaten Lumajang telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Probolinggo.
 
Farman menyampaikan untuk menguatkan tidak pidana itu, penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk pasangan calon pengantin.

"Jadi untuk menguatkan terjadinya tindak pidana itu (kebakaran Bromo), penyidik sudah memeriksa kurang lebih sebanyak 21 saksi yang melihat kejadian itu, termasuk ahli juga kami periksa," ujarnya.
 
Mengenai apakah nantinya akan ada tersangka baru terkait kebakaran ini, Farman mengatakan masih menunggu, karena pihaknya masih terus melakukan pendalaman.
 
"Sabar ya ditunggu aja, nanti akan disampaikan kemudian kalau ada perkembangan lebih lanjut," ucapnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023