Penjabat Bupati Lumajang, Jawa Timur,  Indah Wahyuni mengatakan bahwa pemilihan kepala desa serentak di daerah ini menjadi media pendidikan politik bagi masyarakat.

Pilkades serentak di Kabupaten Lumajang pada 27 September 2023 dilaksanakan di delapan desa, yakni Desa Umbul, Tukum, Jatigono, Penanggal, Candipuro, Tempurejo, Tempeh Tengah, Tempeh Lor,  dan PAW Kades di tiga desa, yakni Desa Sukorejo, Bedayu, dan Barat.

"Saya meminta para calon kepala desa, siapa pun yang terpilih harus bisa menjaga suasana kondusif daerah dan bisa merangkul calon yang tidak terpilih," katanya saat meninjau pelaksanaan pilkades di Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Rabu.

Bagi yang tidak terpilih dalam pilkades, lanjut dia, harus bisa mendukung dan bisa saling koordinasi untuk kebaikan desa dan kepentingan Kabupaten Lumajang.

"Saat melakukan pemantauan, saya lihat sampai saat ini pelaksanaannya tertata rapi, mudah-mudahan sampai akhir perhitungan bisa berjalan lancar tidak ada kendala," tuturnya.

Baca juga: Pilkades Desa Kunir Kidul di Lumajang ricuh, tiga orang terluka

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang mengatakan bahwa pihaknya telah menyiagakan personel gabungan sampai dengan H+1 pelaksanaan untuk menjaga pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 tetap berjalan kondusif.

"Kami telah memetakan daerah-daerah rawan, namun tetap memastikan keamanan pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 tetap terjaga dan kondusif," katanya.

Ia menjelaskan sebanyak 480 personel gabungan TNI-Polri, 60 BKO Brimob, dua SST, Satpol PP, dan elemen lain dikerahkan untuk menjaga pemilihan kepala desa agar berjalan dengan lancar.

"Sejauh ini berjalan dengan aman dan mudah-mudahan sampai penghitungan berjalan dengan aman dan kondusif. Pengamanan akan dilakukan sampai H+1 pilkades untuk menjaga suasana kondusif pascapemilihan," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk bersama-bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023