Jajaran Satlantas Polres Trenggalek, Jawa Timur mengingatkan seluruh pelajar yang ke sekolah naik sepeda motor agar tertib dalam berlalu lintas dan menggunakan kendaraan standar setelan pabrik.

Imbauan itu disampaikan Unit Kamsel Satlantas Polres Trenggalek, Bripka Candra Kholifatul Huda, Minggu menindaklanjuti hasil razia ke sejumlah kantong parkir fi sekolah-sekolah setempat.

"Hasil razia kami sepekan terakhir banyak ditemukan kendaraan yang tidak sesuai spek teknisnya lagi. Knalpot dipasang bukan asli dari pabrikan, tapi menggunakan jenis knalpot bising, ban juga diganti jenis ban cacing (kecil) serta spion dicopot atau diganti modifikasi," kata Bripka Candra.

Kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis (spektek) itu ditemukan di kantong-kantong parkir pelajar di luar fasilitas yang disediakan pihak sekolah.

Sebab untuk bisa parkir di lingkungan sekolah terdapat aturan yang ketat.

“Sehingga bagi mereka yang secara usia memang belum memiliki SIM, apalagi yang kendaraan tidak standar dititipkan di luar sekolah,” imbuhnya.

Kendati menjumpai banyak pelanggaran, polisi tidak langsung melakukan penilangan.

Petugas memberikan edukasi sekaligus teguran dan peringatan kepada siswa yang melanggar dengan pendampingan guru sekolah. Bahkan teguran dan peringatan itu tidak hanya sekali dilakukan.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023