PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melakukan perawatan sejumlah jalur KA yang berada di beberapa perlintasan sebidang sebagai komitmen untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan serta kenyamanan pelanggan KA.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan sesuai dengan program kerja yang telah disusun, pihaknya melakukan perawatan jalur KA terutama pada perlintasan sebidang.

"Perawatan di antaranya berupa penggantian rel, bantalan, serta penambahan batu ballast atau batu kricak di beberapa lokasi," katanya di Madiun, Jatim, Selasa.

Menurut dia, perawatan guna peningkatan keselamatan itu dilakukan karena jalur kereta api sudah tidak sesuai dengan geometri yang ditetapkan, sehingga berpotensi membahayakan keselamatan perjalanan KA.

Adapun, perubahan geometri jalur KA, salah satunya disebabkan karena tekanan dari samping dampak kendaraan yang lewat jalan raya semakin padat dan berat.

"Kendaraan yang melintas semakin padat dan berat, menyebabkan kondisi rel juga turut menerima tekanan yang berat sehingga terjadi penurunan rel," jelas Supriyanto.

Adapun peningkatan prasarana secara periodik tersebut dilaksanakan di sekitar 11 titik di wilayah kerja Daop Madiun. Di antaranya di JPL 114 di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, pada 11-12 September 2023.

JPL 83, yang berlokasi di Jalan Raya Kayen Desa Plosorejo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, pada 7-16 September 2023. JPL 65 di Jalan Raya Peterongan Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, pada 30 Agustus-2 September 2023.

Kemudian, JPL 103 di Jalan Raya Provinsi Surabaya-Madiun Desa Bagor Kulon, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, pada 21-30 Agustus 2023. JPL 105 di Jalan Raya Provinsi Surabaya-Madiun Desa Awar-Awar, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk, pada 31 Agustus-7September 2023.

JPL 136 di Jalan Basuki Rahmad Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, pada 1-2 Agustus 2023, serta JPL 01 yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, pada 31 Juli-1 Agustus 2023.

Supriyanto menambahkan PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, beserta kenyamanan penumpang ataupun barang yang diangkut.

"PT KAI Daop 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023