PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya memberikan diskon tiket kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi sebesar 20 persen untuk pelanggan khusus penyandang disabilitas mulai 17 September 2023 hingga seterusnya.
 
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, dalam keterangannya di Surabaya, Selasa, mengatakan, bahwa diskon tersebut sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan KAI khususnya penyandang disabilitas.
 
Selain itu, penerapan tarif reduksi bagi pelanggan disabilitas, juga sebagai implementasi komitmen perbaikan layanan yang terus-menerus KAI lakukan.
 
"Diskon bagi pelanggan disabilitas ini, dimulai bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September," ucapnya.
 
Luqman menjelaskan, untuk mendapat reduksi tiket bagi penyandang disabilitas ialah wajib melakukan registrasi di Customer Service stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api.
 
"Kemudian, registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas," ujarnya.
 
Selanjutnya, registrasi dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas, KTP asli dan pas foto milik penumpang reduksi disabilitas yang akan didaftarkan.
 
Selain itu, menurut dia, registrasi reduksi dilakukan hanya sekali, selanjutnya pelanggan dapat melakukan pembelian tiket KA jarak jauh melalui aplikasi Access paling lama H-45 atau melalui loket stasiun.
 
"Bagi pelanggan penyandang disabilitas wajib menunjukkan identitas KTP asli ataupun surat keterangan asli penyandang disabilitas saat proses boarding dan pemeriksaan tiket di atas kereta api," tuturnya.
 
Namun, lanjutnya, perlu diingat bahwa pada saat proses boarding dan atau pemeriksaan di atas kereta api, tidak dapat menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas maka tiket dianggap hangus dan diturunkan pada kesempatan pertama.
 
“Dengan adanya pemberian tarif reduksi, diharapkan dapat memudahkan masyarakat penyandang disabilitas yang ingin bepergian dengan kereta api dengan aman, nyaman dan tepat waktu,” ucapnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023