Grup musik papan atas Indonesia, Padi Reborn, bakal memeriahkan pembukaan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur di Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu malam nanti.

"Kami persilakan masyarakat datang dan memenuhi stadion saat pembukaan," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Selain Padi Reborn, beberapa artis pendukung juga sudah bersiap memeriahkan turnamen olahraga rutin gelaran Pemprov bersama KONI Jatim tersebut, seperti penampilan Elkiswah Band, Sodiq New Monata, drum band, tarian kolosal Sidoarjo Gemilang, Duty Oris, serta defile bendera, maskot, dan kontingen atlet kabupaten/kota peserta. 

Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat untuk meramaikan setiap pertandingan yang dihelat di ajang Porprov yang kali ini digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

"Ini adalah pesta olahraga kita Jawa Timur, jadi mari sukseskan setiap pertandingan, baik yang di Sidoarjo, di Kota Mojokerto Kota, di Kabupaten Mojokerto, di Kabupaten Jombang. Juga ada yang di Nganjuk, Madiun dan Surabaya," ucapnya.

Pemprov melalui Dispora Jatim juga telah menyediakan link pendaftaran bagi masyarakat yang berminat untuk hadir di upacara pembukaan Porprov VIII Jatim ini, yaitu di alamat "https://besideus.id/ticket/opening-ceremony-porprov-2023".

"Yang terkonfirmasi hadir sudah 15.000 orang. Itu belum termasuk pendukung acara. Tapi diperkirakan masyarakat yang datang mencapai 25.000 orang. Jadi kami optimistis acara ini akan sangat meriah," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Dengan memasifkan masyarakat yang menyukseskan Porprov VIII Jatim, Gubernur Khofifah berharap gelaran pesta olah raga ini akan mampu mendatangkan multiplier effect di lintas sektor.

Bukan hanya meningkatkan capaian prestasi olahraga atlet Jatim, kata dia, tapi juga mendongkrak ekonomi daerah.

"Karena harapannya dengan penyelenggaraan Porprov VIII Jatim yang sukses, bisa berdampak pada prestasi gemilang atlet Jatim di ajang lebih tinggi, termasuk peningkatan ekonomi daerah bisa ikut terdongkrak," tuturnya.

Sementara itu, pada Porprov VIII tahun ini diikuti total 17.325 atlet, pelatih dan ofisial. Seluruh peserta memperebutkan gelar juara di 53 cabang olahraga dilombakan.

Pada kesempatan Porprov tahun ini, terdapat beberapa cabang olahraga yang digelar di luar empat daerah tuan rumah, yaitu panjat tebing diselenggarakan di Kota Surabaya, dayung di Nganjuk dan paralayang di Kabupaten Madiun.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023