Pemerintah Kota Madiun bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri memberikan pelatihan fotografi produk untuk industri kecil menengah (IKM) Kota Madiun sebagai upaya peningkatan promosi dan penjualan secara digital.

Wali Kota Madiun Maidi saat membuka kegiatan tersebut di ruang 13 Balai Kota Madiun, Kamis, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan memberikan ketrampilan dan pembekalan yang lebih kepada para pelaku IKM di Kota Madiun agar memiliki pengetahuan cara memasarkan produknya melalui internet atau daring dengan tampilan foto yang menarik.

"Perkembangan dunia saat ini sangat cepat, termasuk di Kota Madiun. Pembangunan dan perkembangan yang terus berjalan ini salah satunya harus diimbangi dengan ketrampilan sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan penjualan produk UMKM maupun IKM di Kota Madiun," ujar Maidi.

Karenanya, kegiatan pelatihan seperti materi fotografi diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pelaku usaha sehingga, pemasaran produknya bisa semakin optimal.

"Semoga pelatihan ini bisa menjadi bekal pelaku usaha untuk 'go' internasional'," katanya.

Kepala OJK Kediri Bambang Supriyanto mengatakan, selain memberikan pelatihan, pihaknya juga memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha, yakni, sebuah mini Ssudio "Lightbox" yang dapat meningkatkan hasil foto produk.

"Semoga pelatihan fotografi ini bisa menambah keterampilan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya," katanya.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapat ilmu tentang teknik mengambil dan mengolah gambar, serta mendesain kemasan suatu produk agar menarik bagi konsumen.

Selain itu peserta pelaku usaha mikro juga mendapatkan strategi dan trik tentang bagaimana memilih kemasan yang baik.

Para peserta sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Mereka mengaku pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi pemasaran digital produknya. Terlebih di era saat ini, penjualan secara digital telah maju.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023