Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengurangi angka pengangguran di wilayah setempat dengan menggelar pelatihan berupa teknisi dan perakitan komputer guna meningkatkan daya saing para pencari kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Magetan Arief Ridwan mengatakan kegiatan tersebut merupakan program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja Disnaker Magetan tahun anggaran 2023 dengan menggunakan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

"Pelatihan ini diikuti sejumlah 20 orang pencari kerja dari tujuh kecamatan di Kabupaten Magetan dengan harapan dapat menerima bekal keterampilan teknisi dan perakitan komputer bagi para pesertanya," katanya di Magetan, Selasa.

Nantinya, para peserta pelatihan yang telah terdaftar akan dilatih selama sekitar 20 hari mulai tanggal 5 September sampai dengan 27 September 2023.

Ia menambahkan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja, sehingga mampu membuka peluang untuk diterima bekerja di perusahaan ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pihaknya berharap para peserta bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan. Hal itu penting agar mereka dapat mengoptimalkan potensi masing-masing.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir membuka acara pelatihan menyampaikan bahwa kehidupan di masa sekarang tidak bisa jauh dari komputer. Karenanya, manusia harus memiliki pengetahuan tentang komputer agar dapat bersaing.

"Tekuni dan ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, mungkin suatu saat nanti kalian semua dapat menjadi teknisi komputer yang andal," kata Bupati.

Adapun pelatihan teknisi dan perakitan komputer tersebut melibatkan instruktur dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mitra Lawu Bendo.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023