Pemuda di Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, ikut berpartisipasi dalam program pemerintah untuk meningkatkan gizi keluarga dengan lomba memancing ikan yang digelar di sungai desa setempat.

"Kami sebar ikan lele 1,5 kuintal. Ikan ini familiar di masyarakat, kandungan protein dan gizinya tinggi, baik untuk gizi keluarga," kata Tokoh Pemuda Desa Wonojoyo Yacob Bastian di Kediri, Sabtu.

Ia mengatakan, lomba memancing ini sengaja digelar. Selain memupuk tali silaturahmi sekaligus memeriahkan HUT Ke-78 RI.

Pihaknya mengapresiasi masyarakat yang cukup banyak ikut acara ini. Ke depan, ia ingin agar acara yang memupuk tali silaturahmi warga semakin banyak digelar.

"Ini kegiatan perdana, ke depan lebih banyak lagi kegiatan seperti ini. Harapan kami, dengan makan ikan bisa mencukupi gizi balita. Ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam hal peningkatan gizi dan mencegah stunting," kata Yacob yang juga wartawan senior di Kediri tersebut. 

Yudi, salah seorang warga mengaku senang bisa ikut acara ini. Ia mendapatkan tiga ekor ikan lele yang nantinya untuk lauk keluarga.

"Saya dapat tiga ekor, biasanya ikut anak memancing jadi terbiasa. Seru juga ikut acara ini," kata Yudi.

Krisna, warga lainnya mengaku juga senang ikut acara ini. Ia mendapatkan sekitar 30 ekor ikan. Nantinya, ikan itu dimasak dan dimakan ramai-ramai.

"Ini perdaya saya memancing dapat sekitar 30 ekor. Bisa buat makan malam ini, pakai sambal mantap," kata Krisna.

Ia pun berharap kegiatan seperti ini bisa sering digelar sehingga tali silaturahmi warga semakin akrab. 

Kegiatan lomba memancing itu diikuti warga desa setempat baik yang muda maupun dewasa. Mereka bebas membawa model alat pancing. Jika beruntung, pemancing yang mendapat ikan lele dengan ekornya ada pita putih dan biru, mendapatkan tambahan hadiah berupa uang. Untuk yang warna putih Rp10 ribu, warna biru Rp15 ribu. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023