Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur meresmikan gerakan gemar menabung bersamaan dengan apel besar ke-62 Hari Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota dengan harapan bisa sebagai bekal untuk keperluan sekolah.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan pramuka merupakan tempat untuk membentuk karakter para pemuda-pemudi yang ada di Indonesia.

"Karakter yang ada di dalam pramuka seperti jujur, disiplin, tanggung jawab dan kerjasama sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang profesional dan proporsional," katanya di Kediri, Rabu.

Wali Kota meresmikan gerakan gemar menabung. Gerakan ini mengajak setiap hari Rabu, para pelajar untuk menabung. Gerakan ini juga ditandai dengan penyerahan simbolis mockup tabungan pelajar dari 10 lembaga keuangan kepada sekolah.

Pihaknya juga menekankan pada pelajar terutama di kota ini ini untuk terus mengembangkan jaringan pertemanan dan kerjasama tim. Hal tersebut tentunya berguna untuk kehidupan di masa mendatang.

Para pelaja, kata dia, kelak menjadi pemimpin di masa depan, sehingga harus dididik dengan benar, dengan harapan di tahun 2045 mereka bisa menjadi orang-orang yang unggul seperti misi mewujudkan Indonesia emas di 2045.

Ia pun berharap kegiatan Pramuka di Kota Kediri terus adaptif, sehingga ke depan bisa menghasilkan anggota yang berkarakter, memiliki kesalehan sosial tinggi dan bisa menjadi orang-orang hebat.

Apel tersebut digelar di GOR Jayabaya, Kota Kediri, diikuti para anggota Pramuka di kota ini. Apel besar itu dipimpin langsung oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri.

"Alhamdulillah pada hari ini kita bisa merayakan Hari Pramuka ke-62 tahun. Semoga di usia saat ini, Pramuka semakin matang, terus bergerak menjadi yang terbaik dan membawa dampak positif bagi Negera dan masyarakat khususnya generasi penerus di Kota Kediri," kata Wali Kota Kediri.

Menurut data sensus World Organization Of The Scout Movement tahun 2021, Indonesia menjadi negara dengan jumlah anggota kepanduan terbanyak dunia yaitu 25,27 juta atau 58,9 persen dari total anggota kepanduan sedunia. Sedangkan di Kota Kediri memiliki jumlah anggota Pramuka sebanyak 43.335 orang.

Pada apel ini juga diberikan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Andalan Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri Bagus Alit.

Selain itu, juga diberikan kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Kediri Siswanto, Andalan Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri Maki Ali, dan Mabicab Gerakan Pramuka Kota Kediri Moh.Anang Kurniawan. Penghargaan juga diberikan kepada Pramuka Garuda golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.

Dalam kegiatan itu, juga ditampilkan tari kolosal dari SMPN 4 Kota Kediri dan SDN Burengan 5 Kota Kediri serta flashmob oleh semua anggota Pramuka Kota Kediri.

Hadir dalam apel ini Ketua Kwarda Jawa Timur Muh Arum Sabil, Forkompinda Kota Kediri, Ketua Kwarcab Kota Kediri Siswanto, Kepala OJK Kediri Bambang Supriyanto, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, pimpinan perbankan Kota Kediri dan Pramuka Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023