Pemerintah Kabupaten Kediri menyemarakkan HUT Ke-78 RI dengan festival lansia yang diikuti lansia dari seluruh kecamatan di kabupaten ini, kolaborasi antara Dinas Sosial Kabupaten Kediri dan TP PKK.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito mengemukakan festival lansia ini digelar secara rutin setiap tahun oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri. Pada tahun ini, kegiatan digelar sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-78 Republik Indonesia.

"Melalui festival ini, kami berharap mbah kakung dan mbah putri lebih bahagia dan bisa mengekspresikan keterampilannya di sini," kata Eriani Annisa Hanindhito di Kediri, Selasa.

Mbak Cicha, sapaan akrabnya, mengapresiasi para lansia yang antusias dalam mengikuti setiap perlombaan yang diadakan. Mereka mengikuti berbagai macam kegiatan dengan semangat dan bahagia.

Ia juga berharap para lansia terus semangat dan berbahagia di hari tuanya. Semangat mereka juga bisa dicontoh oleh generasi muda, sehingga generasi muda lebih siap menghadapi tantangan dan aktivitas sehari-hari.

Ia meminta generasi muda untuk tidak segan belajar dari semangat para lansia, sehingga generasi muda tetap semangat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Terlebih pada tahun 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi, yakni penduduk mayoritas merupakan usia produktif.

"Semangat mbah kakung dan mbah putri ini, semoga dapat menular ke generasi muda sebagai pembelajaran," kata dia.

Warga lanjut usia tersebut, baik putra maupun putri mengikuti berbagai lomba, antara lain bernyanyi, lomba kecantikan, peragaan busana, lomba joget beregu hingga tartil Alquran.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Dyah Saktiana menambahkan kegiatan ini digelar sebagai media ekspresi bagi warga lanjut usia.

"Kami berikan ruang kepada lansia untuk mengaktualisasikan diri. Harapannya, dengan bergembira mereka juga lebih bergembira," kata Dyah.

Kegiatan itu diikuti sekitar 200 lansia perwakilan dari 26 kecamatan di wilayah Kabupaten Kediri. Selain itu juga mengikuti acara dengan gembira sesuai bertema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat,".
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023