Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berharap agar pelajar lebih memahami makna kemerdekaan dari berbagai macam lomba yang digelar memperingati HUT ke-78 RI.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan lomba-lomba yang diadakan ini dapat memberi makna di balik kemerdekaan kepada pelajar. Mereka harus berjuang untuk bisa menjadi pemenang dalam setiap lomba yang diikuti. Semangat juang mereka seperti para pahlawan dalam mempertahankan NKRI dari serangan penjajah.

"Alhamdulillah bisa bahagia bersama dalam berbagai lomba. Kami mengadakan acara ini untuk memfasilitasi adik-adik supaya punya daya saing yang tinggi. Saya berharap di seluruh sekolahan dan kelurahan juga mengadakan hal yang sama. Tahun depan akan dibuat yang lebih seru lagi. Semoga dengan lomba-lomba hari ini ada makna tersendiri bagi adik-adik semua," katanya di Kediri, Sabtu.

Kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di Kediri diikuti ribuan pelajar baik dari TK, SD, hingga SMP. Berbagai perlombaan diikuti untuk menyemarakkan HUT RI ke-78 yang digelar di Balai Kota Kediri itu.

Wali Kota Kediri juga memberi semangat secara langsung kepada peserta lomba. Mereka mengikuti lomba mewarnai untuk kelompok TK, lomba kelereng, lomba balap karung, lomba menyunggi tampah, lomba bakiak gandeng, hingga lomba tarik tambang untuk siswa SD.

Tidak hanya mengikuti berbagai lomba, para pelajar juga bisa melihat pameran alat utama sistem senjata tentara negara (Alutsista TNI), pameran foto, dan dapat berfoto 360.

Fandi, pelajar dari SDN Balowerti 3 Kota Kediri mengaku senang bisa ikut menyemarakkan berbagai lomba yang digelar di halaman Balai Kota Kediri ini.

Ia datang bersama teman-temannya untuk memberi semangat pada perwakilan dari sekolah yang mengikuti lomba. Fandi juga senang bisa melihat alutsista dan berfoto bersama.

"Senang sekali bisa datang ke sini sama teman-teman. Di sini seru-seruan sama teman. Tadi juga lihat alutsista dan bisa foto," kata Fandi.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Kediri juga menyerahkan piala kepada para pemenang lomba. Mereka mendapatkan piala penghargaan.

Turut hadir, Komandan Yonif 521 Letkol Inf Yuda Sancoyo, perwakilan Forkopimda, Asisten, Kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023