Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Situbondo, Jawa Timur, Karna Suswandi mengajak anggota pramuka setempat solid dan menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan dan kesatuan terlebih memasuki tahun politik tahun ini.

"Wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur. Tetap tanamkan nasionalisme dan cinta Tanah Air serta punya semangat Bela Negara," katanya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka saat Upacara Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 di Situbondo, Jatim, Senin.

Tema Hari Pramuka Ke-62 "Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan", kata Karna Suswandi, tema tersebut menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, kendati SDM yang ada saat ini masih jauh dari harapan.

Gerakan Pramuka diharapkan pula terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

Baca juga: Bupati Situbondo: Gerakan Pramuka punya peran mengatasi permasalahan generasi muda

Menurut Karna, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka saat ini tengah berupaya memperbaiki Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar gerakan pramuka tidak tertinggal serta mengikuti perkembangan zaman.

"Tentu harapan kita melalui perbaikan undang-undang dan pengembangan teknologi dan informasi dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna," kata Bupati Situbondo itu.

Karna Suswandi menambahkan mengenai pemilihan ketua DKN dan ketua Kwartir Nasional agar jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis.

"Hendaknya kita tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai kode kehormatan kita, yakni Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," ujarnya.

Dari pantauan, upacara memperingati Hari Pramuka Ke-62 juga dihadiri Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Situbondo Nyai Khoirani, Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto dan pengurus Gerakan Pramuka lainnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023